ASSESMENT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMPIT AL-AZHAR KOTA JAMBI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Juliana Ana Universitas Jambi
  • Agus Setyonegoro Universitas Prima Indonesia
  • Hilman Yusra Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2257

Keywords:

Assesment, Covid-19, Pembelajaran

Abstract

Abstrak-Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana assesment  pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Azhar Kota Jambi pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengaplikasikan metode studi kasus. Pemerolehan data primer dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dan data sekunder dari dokumentasi. Analisis data meggunakan model deskriptif. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Azhar Kota Jambi telah melakukan penilaian pada tiga ranah sesuai dengan Kurikulum 13 yaitu, ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan yang tetap berpedoman kepada rubik penilaian. Penilaian terfokus kepada KD Berita pada aspek mendengarkan dan berbicara, KD Puisi pada aspek membaca, serta KD Slogan dan Poster pada aspek menulis. Namun, dari tiga ranah penilaian tersebut, masih terdapat komponen penilaian yang tidak terlaksana, seperti pada penilaian pengetahuan dan keterampilan, dikarenakan faktor keterbatasan waktu yang diberikan pada masa pandemi covid-19, dan banyaknya materi serta rubik penilaian yang harus diisi. Dari hasil penelitian disarankan agar guru lebih meningkatkan lagi implementasi assesment dalam pembelajaran, baik itu menyusun dan melaksanakan proses penilaian pada tiga ranah penilaian yaitu penilaian sikap, pengetahuan maupun keterampilan.

Kata kunci: Assesment, Covid-19, Pembelajaran

Downloads

Published

2022-03-18

How to Cite

Ana, J., Setyonegoro, A., & Yusra, H. (2022). ASSESMENT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMPIT AL-AZHAR KOTA JAMBI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 164-713. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2257