PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS ESAI SISWA KELAS XIISMAN TT HAS JAMBI

Authors

  • Nirma Erika a:1:{s:5:"en_US";s:17:"Universitas Jambi";}
  • Herman Budiyono Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1379

Keywords:

Model Pembelajaran, Menulis Esai, Berbasis Masalah

Abstract

Abstrak-Dalam pembelajaran bahasa menulis adalah pembelajaran yang membutuhkan keterampilan. Menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang sulit dikuasai oleh siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang tidak hanya mengajarkan konsep-konsep bahasa, tetapi juga dapat mengasah kemampuan berpikir siswa dengan menyajikan berbagai fenomena dalam kehidupan nyata manusia yang dapat dijadikan topik bahasan atau masalah. Demikian juga untuk data kualitas hasil yang menunjukkan adanya peningkatan rata-rata dari 64,62 pada siklus I menjadi 77,74 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis esai siswa kelas XII SMAN TT HAS Jambi. Sesuai dengan simpulan, peneliti menyarankan kepada Guru Bahasa Indonesia untuk menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran menulis esai, karena model pembelajaran berbasis masalah terbukti dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran

Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran menulis, esai

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Erika, N., & Budiyono, H. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS ESAI SISWA KELAS XIISMAN TT HAS JAMBI. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 1-6. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1379