PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS ESAI SISWA KELAS XIISMAN TT HAS JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1379Keywords:
Model Pembelajaran, Menulis Esai, Berbasis MasalahAbstract
Abstrak-Dalam pembelajaran bahasa menulis adalah pembelajaran yang membutuhkan keterampilan. Menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang sulit dikuasai oleh siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang tidak hanya mengajarkan konsep-konsep bahasa, tetapi juga dapat mengasah kemampuan berpikir siswa dengan menyajikan berbagai fenomena dalam kehidupan nyata manusia yang dapat dijadikan topik bahasan atau masalah. Demikian juga untuk data kualitas hasil yang menunjukkan adanya peningkatan rata-rata dari 64,62 pada siklus I menjadi 77,74 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis esai siswa kelas XII SMAN TT HAS Jambi. Sesuai dengan simpulan, peneliti menyarankan kepada Guru Bahasa Indonesia untuk menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran menulis esai, karena model pembelajaran berbasis masalah terbukti dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran
Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran menulis, esai
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Bahasa Indonesia Prima (BIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.