UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI KELAS X MIA 1 SMAN 5 BATANGHARI

Authors

  • Susi Syofyan a:1:{s:5:"en_US";s:23:"SMA Negeri 5 Batanghari";}

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1553

Keywords:

Model Pembelajaran, Card Sort, Penerapan Model Pembelajaran

Abstract

Abstrak-Berdasarkan temuan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran Sosiologi mengalami kendala dalam proses pembelajarannya, terutama dalam cara seorang guru dalam memilih metode atau model pembelajaran yang variatif dan menarik. Dalam pembelajaran kurikulum 2013 lebih ditekankan kepada keaktifan siswa dengan siswa menjadi center atau pusat dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk membuat siswa aktif dan kreatif dalam usaha mengembangkan potensi siswa dan pada akhirnya mampu mencapai komptensi yang ditetapkan dalam kurikulum.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran(siklus). Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan perencanaan, kegiatan/pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian adalah Siswa kelas X Mia 1 SMAN 5 Batanghari Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester Ganjil.Waktu pelaksanaan dari Bulan Agustus sampai Oktober 2018.Data yang diperoleh berupa hasil tes, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (65,38%), siklus II (76,92%), dan sisklus III(92.30%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran Card Sort dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa SMAN 5 Batanghari, khususnya kelas X Mia 1 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Sosiologi.

kata kunci : Sosiologi, Penerapan, Card Sort.

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Syofyan, S. (2021). UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI KELAS X MIA 1 SMAN 5 BATANGHARI. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 61-68. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1553