PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATANGHARI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN INKUIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Nur Azani a:1:{s:5:"en_US";s:30:"SMA Negeri 1 Batanghari Jambi ";}

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1537

Keywords:

Keterampilan Menulis, Karya Ilmiah, KONTEKSTUAL KOMPONEN INKUIRI

Abstract

Abstrak

Keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya minat menulis dan proses pembelajaran menulis yang masih klasikal sehingga siswa kurang berminat terhadap pembelajaran menulis. Pendekatan kontekstual elemen inkuiri merupakan pendekatan pembelajaran yang mengajak siswa untuk menemukan pengetahuan baru secara mandiri dan kreatif sehingga siswa tidak hanya dikenalkan dengan teori, tetapi langsung pada konteksnya.

Pembelajaran inkuiri dapat memberikan bekal life skill siswa yang meliputi personal skill, social skill, dan academic skill agar siswa mempunyai keahlian dalam bidang tertentu dan dapat menggali potensi diri. Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari dengan menggunakan pendekatan kontekstual elemen inkuiri dan mendeskripsikan peningkatan life skill siswa setelah kegiatan pembelajaran diterapkan dengan pendekatan kontekstual elemen inkuiri.

Hasil penelitian menunjukkan model pengajaran dengan penerapan kontekstual komponen inkuiri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahas Indonesia materi Menulis Karya Ilmiah. Pembelajaran dengan penerapan pendekatan kontekstual komponen inkuiri memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (71%), siklus II (80%), siklus III (94%). Pendekatan kontekstual komponen inkuiri menjadikan siswa mampu menyampaikan pendapat, ide, dan pertanyaan serta siswa dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok.

Kata kuncikarya ilmiah, life skill, pendekatan kontekstual, inkuiri

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Azani, N. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATANGHARI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN INKUIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 . Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 24-32. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1537