PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS X SMK UNITOMO SURABAYA TAHUN AJARAN 2020-2021
DOI:
https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.3067Keywords:
pendekatan komunikatif, pembelajaran daring, kemampuan berbicaraAbstract
ABSTRAK - Pendidik Bahasa Indonesia dituntut untuk menggunakan Pengajaran Bahasa Komunikatif (Communiative Language Teaching/CLT) untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa Indonesia dengan tepat. Salah satu faktor yang menjadi penyebab kecemasan siswa bahasa yang khawatir adalah kemampuan berbicara. Pendidikan dan pembelajaran sangat bergantung pada komunikasi, oleh sebab itu sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka, karena hampir setiap tindakan di kelas memerlukan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan pendekatan komunikatif terhadap kemampuan berbicara siswa kelas X SMK Unitomo Surabaya. Penelitian dilakukan pada seluruh siswa kelas X SMK Unitomo yang mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan komunikatif melalui pembelajaran daring, dan didapatkan sampel sejumlah 35 siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatakan kuantitatif jenis kausalitas dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda sederhana dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa kelas X SMK Unitomo Surabaya.
Kata Kunci: pendekatan komunikatif, pembelajaran daring, kemampuan berbicara
ABSTRACK - Indonesian language educators are required to use Communiative Language Teaching (CLT) to assist students in developing the ability to use Indonesian properly. One of the factors that cause anxiety in language students who are worried is the ability to speak. Education and learning are very dependent on communication, therefore it is very important for students to improve their speaking skills, because almost every action in the classroom requires communication. This study aims to examine the effect of using a communicative approach on the speaking ability of class X students of SMK Unitomo Surabaya. The study was conducted on all students of class X SMK Unitomo who took part in learning Indonesian with a communicative approach through online learning, and obtained a sample of 35 students. The research method uses a quantitative approach to causality and data analysis uses descriptive analysis and simple multiple linear regression with SPSS version 23. The results of this study are online learning has a positive and significant effect on the speaking ability of class X students of SMK Unitomo Surabaya.
Keywords: communicative approach; bold learning; speaking skill
References
Zuhriyah, M. (2017). Storytelling to improve students’ speaking skill. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10(1), 119-134
Aditya Susilo, C. (2020). Coronavirus Dease 2019: Tinjauan Literaratur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam indonesia, 7 (1), 45-67
Afreni Hamidah dan Ali Sadikin ,” Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi,Vol.6, No.2 Tahun 2020
Antusias Anisjun Skripsi Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Web (ELearning) Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Metro, STAIN Jurai Siwo Metro.
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta 2013
Bariah, S. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5 (1), 31-47
Calero Vallejo, P. E. (2018). Listening journals for extensive and intensive listening practice for second level students BGU at Unidad Educativa Francisco Flor, Bachelor's thesis, Universidad Tècnica de Ambato. Facultad de Ciencias Humanas y de la Educaciòn. Carrera de Idiomas)
Chen, C. W. Y. (2019). Guided listening with listening journals and curated materials: a metacognitive approach. Innovation in Language Learning and Teaching, 13(2), 133-146
Dewi Kurnia Shinta, “Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK”, Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2011
Djago, Tarigan dkk. 1990. Materi Pokok Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Dipdikbud.
-------, Tarigan dkk. 1998. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa. Ernawati. 2004. Peran Diskusi Terhadap Keterampilan Bertanya dalam Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa Kelas 2 SMU Negeri 1 Polewali. Skripsi. Makassar FBS UNM.
Gokhale. 2002. Berpikir Kritis. Jakarta: Pustaka
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Harefa. 2010. Terap Pola Pikir. Jakarta: Gramedia
Hassoubah. 2004. Cara Berpikir Kreatif & Kritis. Bandung: Nuansa.
Moleong J Lexy Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Rosdakarya, 2005), cet 21.
Mardhatillah, (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK pada Materi Teks Narasi di SDN 106161 Laut Dendang. Jurnal Tematik, 1(16): 7886.
Nurgiyantoro, B.2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPEE
Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Santoso, S. (2017). Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Elex Media Komputindo
Redhana .2003. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Tarigan.1997. Pengajaran Analisis Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur.2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka
Husniyatus Salamah dan Imam Ja’far Shodiq (2020), Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di MI NurulhudaJelu”, Jurnal Studi Keislaman, Vol. 6, No.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Karin Nisya Ardhiani; Haerussaleh -; Nuril Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.