PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PAKEM GURU KELAS V DAN VI MELALUI SUPERVISI KELAS DI SDN. 118267 AEK RASO T.A. 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1297Keywords:
PAKEM, Kualitas PembelajaranAbstract
Abstrak-Transformasi model pembelajaran konvensional (pembelajaran berpusat pada guru) ke pengembangan model yang lebih berpusat pada siswa merupakan salah satu konsekuensi dari kebijakan pemerintah di bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas lulusan di berbagai satuan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mampu merancang model pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa dengan tetap memperhatikan karakteristik setiap mata pelajaran dan karakteristik siswa agar hasil yang optimal dapat diraih. Secara spesifik, penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru kelas V dan VI SDN 118267 Aek Raso dalam mengembangkan PAKEM.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan dalam pembuatan RPP guru kelas V dari 84,55 pada siklus 2 menjadi 89,80 pada siklus 3; dan skor RPP guru guru kelas VI meningkat dari 85,44 pada siklus ke 2 menjadi 89,94 pada siklus ke 3. Selain itu, keterampilan dalam penerapan PAKEM semakin meningkat, terutama dalam kaitannya dengan pemilihan metode dan media pembelajaran. Skor pencapaian nilai Pelaksanaan Pembelajaran guru kelas V naik dari 81,57 pada siklus 2 menjadi 89,60 pada siklus 3 dan guru kelas VI dari skor 82,53 pada siklus 2 menjadi 93,55 pada siklus 3. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam melaksanakan KBM dari kurang baik menjadi baik.
Kata Kunci: kualitas pembelajaran, PAKEM
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Bahasa Indonesia Prima (BIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.