IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PjBL MELALUI STUDI INDEPENDENT PADA MATA KULIAH SANGGAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.2860Keywords:
Pembelajaran PjBL, Studi Independent, Sanggar Bahasa, Sastra IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa melalui pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui studi independent pada mata kuliah Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan melihat interaksi peserda didik dalam proses perkuliahan. Data penelitian ini berupa empat komponen pembelajaran meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian yaitu mahasiswa aktif Semester III di kelas A yang mengontrak mata kuliah Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian peneliti melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PjBL melalui studi independent pada mata kuliah Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia menunjukkan peroleh hasil produk belajar mahasiswa yang baik dalam mendesain Rencana Pelaksanaan Semester (RPS) dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah dengan mengahasilkan suatu produk berupa buku pedoman.
References
Ardianti, Sekar Dwi, Ika Ari Pratiwi, dan Mohammad Kanzunnudin. (2017) Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7 (2), https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225
Aqib, Z. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Aini, N. (2019). Montase dan Pembelajaran: Montase sebagai Pembangun Daya Fikir dan Kreativitas Anak Usia Dini. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia,
Dewi, Citra Ayu, Abdul Hamid. Pengaruh Model Case Based Learning (CTL)Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen” IKIP Mataram. Vol 3. No 2. ISSN 2338-6480. 2013
Gora, Winastwan, & Sunarto. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Harahap, E. P., & Hilman Yusra. (2022). Implementasi Pembelajaran Case Method Melalui Observasi-Investigasi Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Dialogika di Forum Kelas. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 4(1), 26-34. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2164
Hutasuhut, S. 2010. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan pada Jurusan Manajemen FE Unimed. Pekbis Jurnal. 2(1) 196-207.
Kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. 2021 “Studi Independen: Kuasai ilmu aplikatif lintas jurusan dari para ahli di bidangnya”. Diakses pada 23 Februari 2022, https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/studi-independen/
Maghfiroh, Nailyl & Sholeh Muhammad. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (5)
Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja.
Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka
Belajar-Kampus Merdeka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hilman Yusra, Albertus Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.