IDEOLOGI WACANA DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA: STUDI KASUS BUKU SISWA SMA/MA KELAS X

Authors

  • Effrem Warung Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Antonius Nesi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Petrus Sii Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2337

Keywords:

wujud ideologi, makna ideologi, buku pelajaran bahasa Indonesia, siswa SMA/MA

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud dan makna ideologi yang terkandung dalam wacana buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa SMA/MA Kelas X terbitan Kemdikbud edisi 2017. Metode pengumpulan data penelitian ini ialah metode simak. Dalam metode simak, peneliti menerapkan teknik teknik baca dan catat. Analisis isi digunakan sebagai metode analisis data. Dalam menerapkan metode tersebut, peneliti mengidentitifikasi, mengklasifikasi, menginterpretasi, dan menyimpulkan hasil analisis data. Pada tahap identifikasi data, peneliti (1) menentukan teks-teks nonfiksi pada buku pelajaran, (2) membaca intensif setiap teks yang telah ditentukan, dan (3) mengutip bagian-bagian dari setiap teks yang disinyalisasi mengandung muatan ideologi. Pada tahap klasifikasi data, peneliti (1) mengelompokkan data-data menurut jenis ideologi dan (2) menginventarisasi wujud dan makna ideologi. Selanjutnya, pada tahap interpretasi data, peneliti (1) memaknai dan membahas setiap wujud dan makna ideologi dan (2) merefleksikan secara kritis setiap wujud dan makna ideologi. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 3 (tiga) wujud ideologi, yakni (1) nasionalisme, (2) patriotisme, dan (3) liberalisme.  Berdasarkan wujud-wujud ideologi tersebut dapat diidentifikasi beberapa makna, yakni (1) ketuhanan (religiostitas), (2) persatuan dan kesatuan, (3) pendidikan dan politik, (4) kemanusiaan dan peradaban, (5) musyawarah untuk mufakat, dan (6) makna keadilan sosial.

References

Anantama, M. D; Sektiono, H. S. (2019). Akomodasi Nilai-Nilai Nasionalisme pada Buku Ajar Bahasa Indonesia di SMA.Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 5(1), 193–197.

Amalsaleh, E., Javid, F., & Rahimi, A. (2010). “The Power of Language and ELT Textbooks”. Procedia-Social and Behavioral Sciences, Vol. 9, hal. 2052-2056. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.445

Amerian, M., & Esmaili, F. (2015). “Language and gender: A critical discourse analysis on gender representation in a series of international ELT textbooks”. International Journal of Research Studies in Education, 4(2), 3-12. https://doi.org/10.5861/ijrse.2014.963

AR, Syamsuddin. (2009). Wacana Bahasa Mengukuhkan Identitas Bangsa. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Chaer, A. & Leonie A. (1995). Sosioliguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Danu, A. K., & Nesi, A. (2021). Ideologi dalam Wacana Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Terbitan Kemdikbud Edisi Revisi 2017. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 203-212.https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.359

Eriyanto. (2003). Analisis Wacana. Yogyakarta: LKIS.

Fauzan, U. (2016). Analisis Wacana Kritis: Menguak Ideologi dalam Wacana. Yogyakarta: Idea Press.

Hidayat, A. A. (2006). Filsafat Bahasa: Mengungkap Hakikat Bahasa, Makna, dan Tanda. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hermawan, A. (2008). Mitos dan Bahasa Media: Mengenal Semiotika Roland Barthes. http://www.averroes.or.id. Diakses 15 April 2001.

Kemdikbud. (2017). Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik: Buku Siswa SMA/MA Kelas X. Jakarta: BSNP Kemdikbud.

Kurniawan, R. O.(2003).Bahasa:SebuahKekuatan.http://www.badiklat.dephan.go.id/files. Diakses 15 April 2021.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Muchti, A., & Dewi, Y. C. (2019). Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Balitbang Kemdikbud Dengan Kurikulum 2013 Revisi 2016. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(2), 16-30.https://doi.org/https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.786

Rakhmat, J. (1996). Psikologi Komunikasi. Jakarta: PT.Remaja Rosdakarya.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sobur, A. (2004). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Utami, I. W. P., & Widiadi, A. N. (2016). “Wacana Bhineka Tunggal Ika dalam Buku Teks Sejarah”. Paramita: Historical Studies Journal, 26(1), 106-117. https://doi.org/10.15294/paramita.v26i1.5150

Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2022-03-17

How to Cite

Warung, E., Nesi, A., & Sii, P. (2022). IDEOLOGI WACANA DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA: STUDI KASUS BUKU SISWA SMA/MA KELAS X . Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 152-163. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2337