PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA SMK S AL-BUKHARY KELAS X RANTAUPRAPAT

Authors

  • Asri Yulianda Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Yuannisah Aini Nst Universitas Al-washliyah Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v4i1.2101

Keywords:

Pandemi Covid 19, Prestasi Siswa

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat mempengaruhi seberapa besar pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi siswa selama masa pandemic covid-19 siswa SMKS Al-Bukhary kelas X Rantauprapat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eskperimen, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 21 orang sebagai kelas control. Data hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 88,67 untuk kelas eksperimen. Kesimpulannya adalah ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi siswa selama masa pandemic covid-19 siswa SMKS Al-Bukhary Kelas X Rantauprapat. Minat siswa dapat mempengaruhi prestasi siswa selama masa pandemik covid-19 siswa SMKS Al-Bukhary Kelas X Rantauprapat. Hal ini dapat dilihat dari terdapat korelasi yang sedang atau cukup antara pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi siswa.

References

Achru P, Andi. (2019). “Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran”. Jurnal Idaarah. Vol. 3 (2). Diakses pada 12 Januari 2021.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Friantini, Rizki Nurhana dan Rahmat Winata. (2019). “Analisis Minat Belajar

pada Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol. 4 (1). Diakses pada 12 Januari 2021.

Hasmiati, dkk. (2017). “Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Metode Praktikum”. Jurnal Biotek. Vol. 5 (1). Diakses pada 12 Januari 2021.

Haswinda, dkk. (2018). “Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar

Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV”. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol. 3 (2). Diakses pada 12 Januari 2021.

Kambuaya, Carlos. (2015). “Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan dan Adaptasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua dan Papua Barat Di Kota Bandung”. Jurnal Social Work. Vol. 5 (1). Diakses pada 12 Januari 2021.

Lestari, Putri dan Adeng Hudaya. (2018). “Penerapan Model Quantum Teaching sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ips Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta”. Research and Development Journal Of Education. Vol. 5 (1). Diakses pada 12 Januari 2021.

Mursid N, Yushanafi. (2012). “Perbedaan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Diklat Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronik dengan Menggunakan Software Tutorial PLC Siswa Kelas XI Smk Negeri 2 Pengasih”. Jurnal Skripsi. Diakses pada 12 Januari 2021.

Nurhasanah, Siti dan A. Sobandi. (2016). “Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal

Downloads

Published

2022-03-10

How to Cite

Yulianda , A., & Nst, Y. A. (2022). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA SMK S AL-BUKHARY KELAS X RANTAUPRAPAT. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 55-63. https://doi.org/10.34012/bip.v4i1.2101