PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE PADA SISWA KELAS X SMA HARVARD MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.595Keywords:
menulis, paragraf narasi, model pembelajaran complete sentenceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf narasi siswa dengan model pembelajaran complete sentence. Pelaksanaan penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ada pada pembelajaran menulis dalam paragraf narasi pada siswa yang masih tergolong rendah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode penelitian tindakan kelas yang mendeskripikan kemampuan menulis paragraf narasi siswa dengan model pembalajaran complete sentence dalam bentuk pelaksanaannya dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Harvard Medan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis paragraf narasi siswa meningkat setelah menerapkan model pembelajaran complete sentence. Hasil penilaian tes siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,82 dan meningkat menjadi 82,27 pada tes siklus II. Dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah 72,72 % meningkat pada siklus II menjadi 100%. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas X SMA Harvard Medan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Bahasa Indonesia Prima (BIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.