PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT DENGAN MEDIA TEKS BERGERAK SISWA KELAS IX-1 SMP HKBP SEI MATI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.34012/jbip.v2i1.867Keywords:
Keterampilan, Membaca Cepat, Media Teks BergerakAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang efektifnya pembelajaran membaca cepat yang disebabkan oleh rendahnya minat baca siswa, kecepatan membaca siswa masih di bawah standar kurikulum, pemahaman membaca siswa yang rendah, dan kurang bervariasinya media. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif untuk menilai tes yang berupa pemahaman isi membaca cepat dan teknik kualitatif yang merupakan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi foto. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus memiliki empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan (tindakan), tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca cepat dengan media teks bergerak siswa kelas IX-1 SMP HKBP Sei Mati Medan. Pada siklus I rerata kecepatan membaca siswa adalah 213 kpm, rerata pemahaman ide pokok adalah 64, pemahaman simpulan bacaan adalah 61, kecepatan efektif membaca siswa adalah 136 kpm dengan kategori lambatdan presentase ketuntasan siswa adalah 31%.
References
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asnawir. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta
Arsyad,Azar. 2016.Media Pembelajaran, Edisi Revisi. Jakarta: PTR aja granfind Persada.
Fitrianissa, Syarifah (2013) yang berbentuk jurnal dengan judul: “Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Tiga Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna Tahun Ajaran 2012/2013”
Harjasujana, Akhmad Slamet dan Yeti Mulyati. 1996. Membaca 2.Jakarta:
Departemen Pendidikan dan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III Tahun 1996/1997.
Hidayat, Rahmat. 2012. Peningkatan Keterampilan Membaca cepat Wacana Deskripsi dengan Menggunakan Media Teks bergerak.Pada siswa kelas VIII Negeri 2 Pleret
Juanda, Dadan (2016 “Keterampilan Membaca Cepat Dalam Menemukan Gagasan Utama”.
Komolasri, Hilda (2014) yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Teknik Skimming Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Al-Zahra Indonesia Pamulang Tahun Ajaran 2013/2014.”
Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Flores: Nusa Indah.
Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Murdiyani, Puput Devi. 2011. Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Menggunakan Metode Kalimat Media Teks Berjalan (MARQUEE. Pada kelas VIII D SMP Negeri 4 Cepiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal.
Nurhadi. 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nurhadi.2008. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Jakarta: Sinar Dunia Algensindo.
Soedarsosno. 2006. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yokyakarta: Graha Ilmu.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.
Wiryodijoyo, Suwaryono. 1989. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Bahasa Indonesia Prima (BIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.