The RELATIONSHIP OF INTENSIVE READING AND DETERMINING THE TYPE OF PARAGRAPH WITH STUDENT DESCRIPTION WRITING ABILITY

Authors

  • Imelda Ratih Ayu Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.1817

Keywords:

membaca intensif, jenis paragraf, menulis deskripsi

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan kemampuan membaca intensif dan kemampuan menentukan jenis paragraf dengan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Model Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrip-sikan hubungan kemampuanmembaca intensif dan kemampuan menentukan jenis paragraf dengan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Model Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan, yaitu: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca intensif dengan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Model Palembang, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menentukan jenis paragraf dengan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Model Palembang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara membaca intensif dan kemampuan menentukan jenis paragraf dengan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas VIII MTs. Negeri 2 Model Palembang. Penulis menyarankan agar guru menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan pelengkap materi pembelajaran untuk pembelajaran keterampilan dan keterampilan menulis, guru hendaknya memotivasi minat siswa untuk mempel-ajari materi pembelajaran membaca guna meningkatkan minat membaca siswa dan memotivasi siswa agar gemar menulis sehingga pembelajaran keterampilan membaca dan menulis dapat lebih baik, guna membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis, hendaknya guru menggunakan metode pembelajaran yang variatif, di antaranya dengan mengadakan lomba menulis atau lomba mengarang

Downloads

Published

2019-09-16

How to Cite

Ayu, I. R. (2019). The RELATIONSHIP OF INTENSIVE READING AND DETERMINING THE TYPE OF PARAGRAPH WITH STUDENT DESCRIPTION WRITING ABILITY. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 1(2), 155-163. https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.1817