Disabilitas, Ergonomic Function Deployment (EFD), House Of Ergonomis (HOE), Perancangan Produk
Main Article Content
Abstract
Keterbelakangan mental adalah keterbelakangan pada seseorang sehingga mengakibatkan kesulitan dalam melakukan sebuah aktivitas sehari-hari. Penyandang tunagrahita SD kelas 4 mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran IPA. Selain itu proses belajar dilakukan manual dengan membaca buku dan menyaksikan gambar 2D. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang media belajar Science Book untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Pengumpulan data yang kami gunakan didapatkan dari penyebaran kuisioner tertutup di SLBN 1 Yogyakarta dengan jumlah 20 responden. Pada penelitian ini kami menggunakan metode EFD yaitu, metode yang memudahkan untuk perancangan dan akan diperiksa ulang agar mengetahui ergonomis atau tidaknya hasil tersebut. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam perancangan produk “Science Book” dengan materi proses terjadinya hujan, fase bulan, metamorphosis, dan struktur tumbuhan yang disajikan dengan warna yang menarik dan dapat diperagakan secara langsung.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.