Analisis Kualitas dan Pemasaran Produk Makanan Kaleng XYZ dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 9P
Main Article Content
Abstract
Industri makanan merupakan salah satu bidang yang memiliki peluang besar bagi pengusaha. Hal ini dikarenakan manusia yang bergantung pada makanan untuk memenuhi kebutuhannya. Dewasa ini industri makanan semakin bervariasi semakin banyak produk makanan yang muncul dengan kreatifitas dan inovasinya. Makanan kaleng barangkali bukan produk terbaru, namun jenis produk makanan kaleng masih banyak diminati. Salah satu makanan kaleng yang diproduksi di daearah Medan ialah ikan kaleng sardencis XYZ. Produk ini sudah diproduksi dalam kurun waktu yang cukup lama. Sri Hartini (2012) juga menjelaskan dalam penelitiannya Peran Inovasi menunjukkkan adanya peran Inovasi terhadap kinerja bisnis. Penelitian ini juga menya
Industri makanan merupakan salah satu bidang yang memiliki peluang besar bagi pengusaha. Hal ini dikarenakan manusia yang bergantung pada makanan untuk memenuhi kebutuhannya. Dewasa ini industri makanan semakin bervariasi semakin banyak produk makanan yang muncul dengan kreatifitas dan inovasinya. Makanan kaleng barangkali bukan produk terbaru, namun jenis produk makanan kaleng masih banyak diminati. Salah satu makanan kaleng yang diproduksi di daearah Medan ialah ikan kaleng sardencis XYZ. Produk ini sudah diproduksi dalam kurun waktu yang cukup lama. Sri Hartini (2012) juga menjelaskan dalam penelitiannya Peran Inovasi menunjukkkan adanya peran Inovasi terhadap kinerja bisnis. Penelitian ini juga menyatakan pentingnya inovasi bagi UMKM dalam memproduksi produk kualitas tinggi sehingga mampu bersaing secara global. Permasalahan dari produk ini ialah kurangnya inovasi yang akan mempengaruhi volume penjualannya. Untuk menghindari hal tersebut salah satu metode yang dapat digunakan ialah marketing mix dengan 9P. Melihat keberhasilan bauran pemasaran(marketing mix) pada penelitian sebelumnya, maka penelitian ini juga turut menggunakan bauran pemasaran mengikuti pembaharuan yang ada, yaitu dengan 9 indikator. Indikator yang dimkasud ialah Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical, Payment, dan Packaging. Adapun penelitian ini dilakukan untuk meningkatan penjualan produk ikan kaleng sardencis XYZ.
takan pentingnya inovasi bagi UMKM dalam memproduksi produk kualitas tinggi sehingga mampu bersaing secara global. Permasalahan dari produk ini ialah kurangnya inovasi yang akan mempengaruhi volume penjualannya. Untuk menghindari hal tersebut salah satu metode yang dapat digunakan ialah marketing mix dengan 9P. Melihat keberhasilan bauran pemasaran(marketing mix) pada penelitian sebelumnya, maka penelitian ini juga turut menggunakan bauran pemasaran mengikuti pembaharuan yang ada, yaitu dengan 9 indikator. Indikator yang dimkasud ialah Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical, Payment, dan Packaging. Adapun penelitian ini dilakukan untuk meningkatan penjualan produk ikan kaleng sardencis XYZ.