Analisis Kualitas Produk Rumah Tangga Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada PT. ABC
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya keinginan PT. ABC untuk memperbaiki produk rumah tangga agar semakin dicintai konsumen. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah produk rumah tangga telah sesuai dengan persepsi konsumen dan untuk mengetahui bagaimana desain ulang produk rumah tangga berdasarkan keinginan konsumen. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini menggunakan Quality Function Deployment (QFD). Penyebaran kuesioner terbuka dilakukan kepada 384 orang pada masing-masing daerah tersebut serta kuesioner tertutup kepada 66 orang berisikan 10 pernyataan. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh responden secara dominan menjawab setuju perlunya perbaikan rumah tangga di CV. BTPST. Nilai Uji Reliabilitasnya 0,707 sedangkan nilai Uji Validitasnya berurutan 0,768; 0,332; 0,494; 0,559; 0,333; 0,516; 0,510; 0,638; 0,355; 0,620. Setelah dilakukan identifikasi melalui kuesioner tertutup disimpulkan bahwa persepsi konsumen menyetujui perlunya desain ulang pada produk rumah tangga yang menjadi sampel dengan bentuk silinder, bagian bawah diberikan lapisan, tutup serta tangkai gagang diberi isolator berupa karet/plastik, diterterakan tanda volume air, kemasan diterterakan batas waktu/umur pakai, kemasan berbahan kotak kardus, produk rumah tangga yang menjadi sampel seharga Rp. 55.000,- dan ketahanan produk ini selama 7-8 bulan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.