ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI, KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA CABANG MEDAN
Main Article Content
Abstract
Dalam memperbaiki bisnis perbankan maka perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah, hal ini menjadi catatan buat manajemen untuk dapat memperbaiki maupun meningkatkan kualitas karyawan untuk dapat mencapai cita-cita yang diingkan. Pengembangan terhadap sumber daya manusia merupakan hal penting yang harus diperhatikan di industri perbankan, untuk menciptakan karyawan yang memiliki integritas tinggi harus dimulai dari meningkatkan kinerja baik kuantitas maupun kualitas karyawan. Tujuan penelitian ini mengkaji dan menganalisis pengaruh Kompetensi, Kemampuan komunikasi dan Pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Medan. Populasi yang diteliti dengan memilih seluruh karyawan PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Medan untuk dijadikan sebagai sumber informasi maupun dalam mengisi kuesioner jumlah yang diteliti sebanyak 55 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan regresi linear berganda (Multiple Regression). Hasil penelitian menunjukkan Secara simultan kompetensi, kemampuan komunikasi dan pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Medan. Secara parsial Kemampuan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kemampuan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Medan
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Amir Tengku Ramly, M.Si. 2021. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Bintang Pustaka Madani . Yogyakarta
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dedi Rianto Rahadi . DR. Etty Susilowati, dkk, 2021. Monograf Sumber daya Manusia Berbasi CV. Lentera Ilmu Madani. Taksimalaya
Hadyati Harras. 2020. Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Manusia Untuk Mahasiswa Upah Press.. Tanggerang
H. Siswoyo Haryono, MM, MPd. 2018. Manajemen Kinerja SDM : Teori & Aplikasi. PENERBIT LUXIMA METRO MEDIA. Jakarta Timur
Semarang). Tesis, Universitas Diponegoro Semarang.
Foster, Bill. 2017. Pembinaan Untuk Peningkatan Kinerja Karyawan. Jakarta: PPM.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : BP Universitas Diponegoro.
H. Siswoyo Haryono, MM, MPd. 2018. Manajemen Kinerja SDM : Teori & Aplikasi. PENERBIT LUXIMA METRO MEDIA. Jakarta Timur
Isa, 2019. Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja SDM, Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, Vol.2 No.1 Mei 2019, ISSN : 1979-5408.
Ivancevich, J,M, 2017, Perilaku dan Manajemen Organisasi, Edisi Ketujuh, McGraw Hill,New York.
Jusuf M,M. 2021. Sumber Daya Manusia Berbasi Kompetensi. LD Media. Sumatera Selatan
Khaeruman, ST., MM., CHRA., dkk.2021. Meningkatkan Kinerja Manajemen Sumber Daya Manusia. Konsep & Studi Kasus. CV. AA RIZKY. Banten
Nana Triapnita Nainggolan, dkk. 2021. Komunikasi Organisasi: Teori, Inovasi dan Etika. Yayasan Kita Menulis. Medan
Ni Kadek Suryani, SE. S.I.Kom.M.M, Dr.Ida Ayu Putu Widani Sugianigrat S. E, M.M , dkk. 2020. Kinerja Sumber Daya MAnusia, Teori, Aplikasi dan Penelitian. Penerbit Nilacakra. Bandung
Robert Tua Siregar, dkk. 2021. Komuniksai Organisasi. Widina Bhakti Persad. Bandung
Sitti Roskina Mas, M.M., M.Pd dan Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc. 2020. Komunikasi Dalam Organisasi (TeoriI DAN Aplikasi). UNG Press. Gorontalo
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Bandung: Alfabeta.
Tellma M. Tiwa, M.Si. 2022. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Lakeisha. Tomohon