Pengaruh E-banking, Kualitas Pelayanan, Kualitas Komunikasi dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Sumut KCP Sei Sikambing

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dini Sofia Rumahorbo
Benny Rojeston Marnaek Nainggolan
Dokman Marulitua Situmorang

Abstract

Dalam konteks industry perbankan, perkembangan pesat layanan elektronik telah menuntut peningkatan kualitas layanan, efektivitas komunikasi, dan tingkat kepercayaan untuk mempertahankan loyalitas nasabah di tengah kompetisi yang intens. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh e-banking, kualitaas pelayanan, kualitas komunikasi, dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Sumut KCP Sei Sikambing, Medan. Penelitian ini menggunakan populasi nasabah Bank Sumut KCP Sei Sikambing, Medan dengan sampel 50 responden dan teknik penyebaran kuesioner. Dalam model penelitian ini, loyalitas nasabah berperan sebagai variabel dependen, sedangkan variabel independennya mencakup e-banking, kualitas pelayanan, kualitas komunikasi, dan kepercayaan. Pendekatan yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan analisis data yang dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 2020. Berdasarkan hasil analisis secara parsial, ditemukan bahwa e-banking, kualitas pelayanan, kualitas komunikasi dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rumahorbo, D. S., Benny Rojeston Marnaek Nainggolan, & Dokman Marulitua Situmorang. (2025). Pengaruh E-banking, Kualitas Pelayanan, Kualitas Komunikasi dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Sumut KCP Sei Sikambing. Akuntansi Prima, 7(2). https://doi.org/10.34012/japri.v7i2.7547

References

  1. Pinontoan, W. (2012). Pengaruh e-banking, kualitas pelayanan, kualitas komunikasi dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
  2. https://e-journal.trisakti.ac.id/index.php/jet/article/view/16124
  3. Satria, F., & Astarini, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1911-1924.
  4. https://journals.ums.ac.id/dayasaing/article/view/2272
  5. Khairani, I., Dalimunthe, A. A., & Lubis, A. W. (2024). Analisis Pengaruh E-Banking Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Sumut Unit Usaha Syariah Dengan Komitmen Keagamaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank Sumut Unit Usaha Syariah KCP Karya). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 4(2), 586-601.
  6. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/article/view/4292
  7. Hanum, L., Djamhuri, A., & Kamayanti, A. (2014). Determinan Efektifitas Sistem E-Banking di Mata Nasabah: Pendekatan Model Kesuksesan Sistem Informasi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4(1), 1-13.
  8. https://jamal.ub.ac.id/index.php/jamal/article/view/220
  9. Wijayanto, K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank. Jurnal Manajemen Dayasaing, 17(1), 38-45.
  10. https://journals.ums.ac.id/dayasaing/article/view/2272
  11. Lutfiani¹, A. N., & Musfiroh, M. F. S. (2022). Pengaruh kepercayaan dan pelayanan terhadap loyalitas nasabah.
  12. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/2917
  13. Larasati, S., & Gilang, A. (2014). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan wilayah telkom jabar barat utara (Witel bekasi). Jurnal Manajemen dan Organisasi, 5(3), 200-213.
  14. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jmo/article/view/12167
  15. Utami, M., Handayani, T., & Pusporini, P. (2019, August). Pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan nasabah terhadap loyalitas nasabah. In Proceeding of Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (pp. 170-178).
  16. Sumardiningsih, S., Sundawan, W., Endarwati, L., Wibowo, A., & Ayriza, Y. (2012). Pengaruh dimensi Banking Service Quality (BSQ) terhadap kepuasan nasabah bank. Jurnal Economia, 8(2), 19781.
  17. Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Pilar, 14(1), 15-31.

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.