Pengaruh Modal Kerja, Penjualan Dan Utang Terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Di Bursa Efek Indonesia
Main Article Content
Abstract
Modal kerja, penjualan dan utang merupakan elemen yang sangat berperan penting dalam sebuah perusahaan karena modal kerja merupakan modal awal perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Penjualan merupakan sumber penghasilan laba perusahaan dan utang merupakan sumber dana atau modalĀ perusahaan yang berasal dari kreditor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan keuangan, perusahaan, modal kerja, penjualan, utang dan laba sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan pengumpulan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan sektor Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Sampel laporan keuangan dari 17 Perusahaan Sektor Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia sebanyak 5 tahun periode penelitian 2012-2016. Model analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Pengujian data dilakukan dengan uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji F dan uji t. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah secara parsial modal kerja berpengaruh positif signifikan terhadap ROA, penjualan tidak berpengaruh terhadap ROA dan utang berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA sedangkan secara simultan modal kerja, penjualan dan utang berpengaruh signifikan terhadap ROA pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2016. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi diperoleh koefisien determinasi R square sebesar 35,2%. Hal ini berarti 35,2% ROA bisa dijelaskan oleh variasi dari ketiga variabel independen.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Ambarwati, Sri Dwi Ari. 2010. Manajemen Keuangan Lanjut. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Andayani, Lina. Fridayana Yudiaatmaja. Wayan Cipta. 2016. Pengaruh Penjualan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perdagangan, Jasa Dan Investasi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 4 Tahun 2016)
Brigham, Eugene F., dan Joel F. Houston, 2012. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat, 2012.
Fahmi, Irham. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan dan Teori dan Soal Jawab. Cetakan Keempat. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariente Dengan Program SPSS 21. Ed. 7, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.
Jumingan. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kelima. Jakarta: PT.BumiAksara.
Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Munawir. 2007.Analisa Laporan Keuangan. Cetakan Keempat Belas. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Reimeinda, Veronica. Sri Murni. Ivonne S. Saerang. 2016. Analisis Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Industri Telekomunikasi Di Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Volume 16 No 03 Tahun 2016
Riyanto, Bambang. 2009. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Cetakan Keenam. Yogyakarta: BPFE.
Santoso, Singgih.2011. Mastering SPSS versi 19. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sanusi, Anwar. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat. Jakarta: Salemba Empat.
Sawir, Agnes. 2015. Analisis Kinerja Keuangan Dan Perencanaan Perusahaan. Cetakan Kesepuluh. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Silaen, Sakti. 2010. Statistika Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Ed pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis.Cetakan Keenam Belas. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Anita. Imam Hidayat. 2015. Pengaruh Hutang Dan Modal Sendiri Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 11, November 2015
Swastha, Basu.2015. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: Andi.
Syamsuddin, Lukman. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. Cetakan Kesebelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zulganef. 2013. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Cetakan Kedua. Yogyakarta :Graha Ilmu.