PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMANDU ACARA INFOTAINMENT PADA SISWA SMP

Authors

  • Annisa Annisa Universitas Prima Indonesia
  • Annisa Nasution Universitas Prima Indonesia
  • Nanda Dwi Asti Universitas Prima Indonesia
  • Oktaviandi Bertua Pardede Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2752

Keywords:

Media, Audiovisual, Memandu, Acara, Infotaintment

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap kemampuan memandu acara infotainment siswa kelas VIII SMP Daya Cipta Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Instrumen yang digunakan untuk menyaraing data adalah tes unjuk kerja.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memandu acara infotainment dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual dan pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,5 sedangkan kemampuan siswa dalam memandu acara infotainment dengan menggunakan pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori cukupdengan nilai rata-rata 67,76. Dari hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa thit> ttab(4,73>2,002) sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Kemampuan memandu acara infotainment yang diajarkan di kelas VIII Terpadu dengan menggunakan mediapembelajaran audiovisual dan pembelajaran konvensional lebih berpengaruh baik dibandingkan kemampuan memandu acara infotainment di kelas VIII-1 dengan pembelajaran konvensional.

References

Gabriela, Novika Dian Pancasar. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasisi Audiovisual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mahaguru (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). Vol. 2 NO. 1. Dalamfile:///C:/Users/hp/Downloads/1750-Article%20Text-2975-1-10-20210714%20(2).pdf

Hasanah. 2011. Pengaruh Metode Sugesti-Imajinasi Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Sebagai Pembawa Acara (MC) Oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Mahasiswa.

Purwaningsih, Pari. 2017. Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. Vol. 2 No. 1. Dalam http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika/article/view/1503

Setiawan. 2020. Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V.Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 3 No. 2. Dalam :///C:/Users/hp/Downloads/5874-19589-2-PB.pdf

Suhaimi, Andi dkk. 2020. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar SD. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD.Volum IV. No. 1. Dalam file:///C:/Users/hp/Downloads/6554-15970-1-SM.pdf

Tisyara, Laudiya. 2021.7 Macam-Macam Metode Penelitian Kuantitatif dan Penjelasannya. Dalam https://hot.liputan6.com/read/4706956/7-macam-macam-metode-penelitian-kuantitatif-dan-penjelasannya

Downloads

Published

2022-06-23

How to Cite

Annisa, A., Nasution, A., Asti, N. D., & Pardede, O. B. (2022). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMANDU ACARA INFOTAINMENT PADA SISWA SMP. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 234-238. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2752