KESANTUNAN IMPERATIF DAN STRATEGI BERTUTUR GURU-SISWA. SERTAIMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Mohd. NormaSampoerno Norman a:1:{s:5:"en_US";s:33:"UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi";}

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1576

Keywords:

KESANTUNAN IMPERATIF, STRATEGI BERTUTUR, IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Abstract

Abstrak: Kesopanan belakangan ini menjadi salah satu kajian yang menarik oleh para ahli dan pemerhati bahasa. Hal itu antara lain karena kesopanan tidak hanya menyangkut bahasa tetapi juga filosofi dan kepercayaan masyarakat. Kesopanan adalah aturan perilaku yang ditetapkan dan disepakati oleh suatu kelompok masyarakat yang merupakan prasyarat berperilaku sosial yang baik, beradab, dan penuh nilai luhur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kualitatif keharusan kesopanan pada tuturan guru-siswa di sekolah. Keharusan kesantunan yang digunakan sebagai sumber data adalah naratif dalam konteks interaksi guru-siswa di dalam kelas maupun di luar kelas yang memiliki maksud atau makna pragmatis imperatif.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah refer-Engaged record, dibantu alat pencatatan lapangan. Analisis data menggunakan teknik kontekstual.Hasil: Pertama, bentuk imperatif tuturan dalam interaksi guru-siswa di sekolah diwujudkan dalam tiga kategori, yaitu (1) mode imperatif, (2) mode deklaratif, dan (3) mode interogatif. Kedua, strategi keharusan kesantunan ditemukan dalam tuturan guru-siswa bahasa Indonesia. Strategi imperatif naratif dibangun baik secara langsung maupun tidak langsung ujaran imperatif. Ketiga, implikasi teoritis dari hasil penelitian ini adalah adanya relevansi hasil dengan teori kesantunan barat; Sedangkan implikasi praktis terkait dengan pembelajaran bahasa di sekolah dan peran guru dalam mengajar budi pekerti kepada siswa.Berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: (1) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam perencanaan dan penciptaan suasana yang kondusif bagi pembelajaran dan interaksi di sekolah, (2) kurikulum bahasa Indonesia harus memasukkan muatan kesopanan dalam belajar.

Kata kunci: kesopanan penting, kata strategi, belajar bahasa

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Norman, M. N. (2021). KESANTUNAN IMPERATIF DAN STRATEGI BERTUTUR GURU-SISWA. SERTAIMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 92-100. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1576