TINDAK TUTUR DIREKTIF PEMBINA UPACARA DI SMA NEGERI 2 MERLUNG KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1554Keywords:
Tindak Tutur Direktif, Pragmatik, Tindak Tutur, Fungsi DirektifAbstract
ABSTRAK-Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis dan fungsi tindak tutur direktif yang digunakan pembina upacara dalam menyampaikan amanat, dan (2) penerapan strategi tindak tutur direktif oleh pembina upacara dalam menyampaikan amanat. Hasil temuan dalam kegiatan upacara di SMA Negeri 2 Merlung menunjukkan bahwa terdapat 6 jenis dan 11 fungsi tuturan direktif, dimana penggunaan jenis nasihat dan fungsi menasehati lebih banyak digunakan, apabila dibandingkan dengan penggunaan jenis dan fungsi tindak tutur direktif yang lain. Sementara untuk penerepan strategi tindak tutur direktif, strategi bertutur terus terang dengan basa basi kesantunan negatif adalah yang paling sering digunakan guru (penutur). Merujuk pada temuan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tindak tutur direktif yang cenderung dilakukan guru dalam kegiatan upacara di SMA Negeri 2 Merlung adalah jenis tindak tutur nasihat, (2) strategi bertutur terus terang dengan basa basi kesantunan negative adalah yang paling sering digunakan guru (penutur) dalam kegiatan upacara. Berdasarkan hasil dan kesimpulan yang diperoleh, maka disarankan perlunya penggunaan bentuk tindak tutur direktif yang bervariasi & strategi yang dapat memunculkan perasaan positif pada siswa (mitra tutur).
Kata kunci: pragmatik, tindak tutur, direktif, jenis direktif. fungsi direktif, pembina upacara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Bahasa Indonesia Prima (BIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.