TINDAK TUTUR DIREKTIF PEMBINA UPACARA DI SMA NEGERI 2 MERLUNG KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Authors

  • Feri Fardian a:1:{s:5:"en_US";s:24:"Universitas Negeri Jambi";}
  • Mujiyono Wiryotinoyo Jambi University
  • Sudaryono - Jambi University

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1554

Keywords:

Tindak Tutur Direktif, Pragmatik, Tindak Tutur, Fungsi Direktif

Abstract

ABSTRAK-Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis dan fungsi tindak tutur direktif yang digunakan pembina upacara dalam menyampaikan amanat, dan (2)  penerapan strategi tindak tutur direktif oleh pembina upacara dalam menyampaikan amanat. Hasil temuan dalam kegiatan upacara di SMA Negeri 2 Merlung menunjukkan bahwa terdapat 6 jenis dan 11 fungsi tuturan direktif, dimana penggunaan jenis nasihat dan fungsi menasehati lebih banyak digunakan, apabila dibandingkan dengan penggunaan jenis dan fungsi tindak tutur direktif yang lain. Sementara untuk penerepan strategi tindak tutur direktif, strategi bertutur terus terang dengan basa basi kesantunan negatif adalah yang paling sering digunakan guru (penutur). Merujuk pada temuan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tindak tutur direktif yang cenderung dilakukan guru dalam kegiatan upacara di SMA Negeri 2 Merlung adalah jenis tindak tutur nasihat, (2) strategi bertutur terus terang dengan basa basi kesantunan negative adalah yang paling sering digunakan guru (penutur) dalam kegiatan upacara. Berdasarkan hasil dan kesimpulan yang diperoleh, maka disarankan perlunya penggunaan bentuk tindak tutur direktif yang bervariasi & strategi yang dapat memunculkan perasaan positif pada siswa (mitra tutur).

Kata kunci: pragmatik, tindak tutur, direktif, jenis direktif. fungsi direktif, pembina upacara

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Fardian, F., Wiryotinoyo, M., & -, S. (2021). TINDAK TUTUR DIREKTIF PEMBINA UPACARA DI SMA NEGERI 2 MERLUNG KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 69-79. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1554