ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG BIMOLI DI KECAMATAN KUALUH HULU, KABUPATEN LABUHANBATU UTARA
Keywords:
minyak goreng, bimoli, analisis, faktorAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen minyak goreng dalam kemasan merek Bimoli serta proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk dan mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif Kualitatif. Alat yang digunakan adalah kuisioner yang dianalisis menggunakan Analisis Faktor. Data diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2007 dan SPSS VERSI 22. Rata-rata usia responden didominasi oleh usia 31-40 tahun sebesar 54 persen , dengan klasifikasi pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sebesar 67 persen. Tingkat pendidikan responden didominasi oleh latar pendidkan SMU/Sederajat sebesar 40 persen. Pendapatan dan pengeluaran responden rata-rata adalah sebesar Rp. 3.000.000- Rp 5.000.000. Pada tahap pengambilan keputusan, Sebanyak 79% responden membeli minyak goreng Bimoli adalah karena mutu produk, dengan manfaat yang dicari adalah sebagai gaya hidup sehat sebanyak 86%. Sebanyak 52% responden responden melakukan pembelian dengan direncanakan. Seluruh responden merasa puas dan ingin membeli Bimoli kembali. Jika minyak goreng Bimoli yang akan dibeli tidak tersedia maka 69 % responden akan membeli minyak goreng merek lain dan jika terjadi kenaikan harga 45 % responden akan tetap mencari merek lain yang lebih murah. Hasil dari analisis faktor membentuk 4 faktor yang mempengaruhi, yaitu Psycho Sosiologis, Gaya Hidup, Pengaruh Lingkungan, dan Kepercayaan Pribadi.