ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG BIMOLI DI KECAMATAN KUALUH HULU, KABUPATEN LABUHANBATU UTARA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen minyak goreng dalam kemasan merek Bimoli serta proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk dan mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif Kualitatif. Alat yang digunakan adalah kuisioner yang dianalisis menggunakan Analisis Faktor. Data diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2007 dan SPSS VERSI 22. Rata-rata usia responden didominasi oleh usia 31-40 tahun sebesar 54 persen , dengan klasifikasi pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sebesar 67 persen. Tingkat pendidikan responden didominasi oleh latar pendidkan SMU/Sederajat sebesar 40 persen. Pendapatan dan pengeluaran responden rata-rata adalah sebesar Rp. 3.000.000- Rp 5.000.000. Pada tahap pengambilan keputusan, Sebanyak 79% responden membeli minyak goreng Bimoli adalah karena mutu produk, dengan manfaat yang dicari adalah sebagai gaya hidup sehat sebanyak 86%. Sebanyak 52% responden responden melakukan pembelian dengan direncanakan. Seluruh responden merasa puas dan ingin membeli Bimoli kembali. Jika minyak goreng Bimoli yang akan dibeli tidak tersedia maka 69 % responden akan membeli minyak goreng merek lain dan jika terjadi kenaikan harga 45 % responden akan tetap mencari merek lain yang lebih murah. Hasil dari analisis faktor membentuk 4 faktor yang mempengaruhi, yaitu Psycho Sosiologis, Gaya Hidup, Pengaruh Lingkungan, dan Kepercayaan Pribadi.
Article Details
Authors who publish their manuscripts through the Journal of Information Systems and Computer Science agree to the following:
- Copyright to the manuscripts of scientific papers in this Journal is held by the author.
- The author surrenders the rights when first publishing the manuscript of his scientific work and simultaneously the author grants permission / license by referring to the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License to other parties to distribute his scientific work while still giving credit to the author and the Journal of Information Systems and Computer Science as the first publication medium for the work.
- Matters relating to the non-exclusivity of the distribution of the Journal that publishes the author's scientific work can be agreed separately (for example: requests to place the work in the library of an institution or publish it as a book) with the author as one of the parties to the agreement and with credit to sJournal of Information Systems and Computer Science as the first publication medium for the work in question.
- Authors can and are expected to publish their work online (e.g. in a Repository or on their Organization's/Institution's website) before and during the manuscript submission process, as such efforts can increase citation exchange earlier and with a wider scope.