ANALISIS FAKTOR - FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MINYAK GORENG PADA MEREK FILMA STUDI KASUS : BRASTAGI SUPERMARKET CABANG GATOT SUBROTO MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih produk minyak goreng kemasan Filma, mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk minyak goreng kemasan Filma. Penelitian ini berlokasi di Brastagi Supermarket Medan cabang jalan Gatot Subroto, dan dilakukan pada bulan Pebruari sampai dengan bulan Maret tahun 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dengan hasil sampel sebanyak 91 responden. Metode pengumpulan data konsumen dilakukan dengan teknik angket (kuesioner) dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis faktor. Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel 2007 dan Statistical Package Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa terbentuk 3 faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian minyak goreng Filma. Ketiga faktor tersebut adalah Faktor Lingkungan Sosial, Faktor Ruang Lingkup Keluarga, Faktor Keyakinan Pribadi. Faktor yang paling utama dalam mempengaruhi pembelian Filma adalah Faktor Lingkungan Sosial dengan nilai eigenvalue yang terbesar dari semua faktor yang ada.
Article Details
Authors who publish their manuscripts through the Journal of Information Systems and Computer Science agree to the following:
- Copyright to the manuscripts of scientific papers in this Journal is held by the author.
- The author surrenders the rights when first publishing the manuscript of his scientific work and simultaneously the author grants permission / license by referring to the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License to other parties to distribute his scientific work while still giving credit to the author and the Journal of Information Systems and Computer Science as the first publication medium for the work.
- Matters relating to the non-exclusivity of the distribution of the Journal that publishes the author's scientific work can be agreed separately (for example: requests to place the work in the library of an institution or publish it as a book) with the author as one of the parties to the agreement and with credit to sJournal of Information Systems and Computer Science as the first publication medium for the work in question.
- Authors can and are expected to publish their work online (e.g. in a Repository or on their Organization's/Institution's website) before and during the manuscript submission process, as such efforts can increase citation exchange earlier and with a wider scope.