PENGARUH PENDAPATAN PER BULAN, HARGA, JUMLAH TANGGUNGAN KELUARGA, DAN SELERA TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MINYAK GORENG CURAH DI PASAR TRADISIONAL
DOI:
https://doi.org/10.34012/agriprimatech.v3i2.925Keywords:
Keputusan, Membeli, Minyak Goreng, PemasaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pendapatan per bulan, harga, jumlah tanggungan keluarga, dan selera konsumen minyak goreng curah di lokasi penelitian. Menganalisis pengambilan keputusan konsumen dalam membeli minyak goreng curah, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli minyak goreng curah. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengggunakan teknik “proportional Random Sampling” dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Pengolahan data dibantu dengan statistical package social science (SPSS) versi 23.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2018. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pendapatan per bulan berpengaruh signifikan dengan keputusan membeli minyak goreng curah di pasar tradisional sei sikambing medan; (2) Harga berpengaruh signifikan dengan keputusan membeli minyak goreng curah di pasar tradisional sei sikambing medan; (3) Jumlah tanggungan keluarga berpengaruh signifikan dengan keputusan membeli minyak goreng curah di pasar sei sikambing medan; (4) Selera tidak berpengaruh signifikan dengan keputusan membeli minyak goreng curah di pasar tradisional sei sikambing medan; (5) Pendapatan per bulan, harga, jumlah tanggungan keluarga, dan selera berpengaruh signifikan dengan keputusan membeli minyak goreng curah di pasar tradisional sei sikambing medan.