PSIKOEDUKASI BAGI ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Rina Mirza Universitas Prima Indonesia
  • Winida Marpaung Universitas Prima Indonesia
  • Yulinda Septiani Manurung

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitra_prima.v1i1.641

Keywords:

Psikoedukasi, Orangtua, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memerlukan penanganan khusus karena adanya gangguan perkembangan dan kelainan yang dialami anak. Untuk itu, orangtua sebagai orang yang dianggap paling dekat dengan anak diharapkan memahami kebutuhan anak dan harus banyak belajar serta menggali ilmu mengenai apa yang dibutuhkan anak. Kegiatan Psikoedukasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu orangtua dalam memahami tumbuh kembangnya serta mengenali masalah yang dihadapi anak dan cara mengatasinya. Kegiatan psikoedukasi ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Kegiatan psikoedukasi ini diberikan kepada wali murid yang anaknya bersekolah di UPT SLB-E Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, dilakukan dengan empat tahapan yakni (1) melakukan wawancara terhadap anak (jika memungkinkan), orangtua dan guru terkait perilaku anak, (2) melakukan observasi terhadap perilaku anak berkebutuhan khusus, (3) mendesain langkah yang akan dilakukan untuk merubah perilaku yang menjadi masalah serta (4) melaksanakan psikoedukasi dan menyampaikan hasilnya kepada orang tua si anak maupun guru. Hasil yang diperoleh bahwa orangtua semakin memahami bagaimana cara mengenali masalah anak dan menganalisa masalah tersebut serta menyelesaikan masalah yang dihadapi anaknya.

Downloads

Published

2019-09-05

How to Cite

Mirza, R., Marpaung, W., & Manurung, Y. S. (2019). PSIKOEDUKASI BAGI ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Mitra Prima, 2(1), 61-65. https://doi.org/10.34012/mitra_prima.v1i1.641