DAGEL (Dapur Bagan Deli) Sebagai Kuliner Bagi Anak Gizi Buruk dan Meningkatkan Perekonomian

Authors

  • Elis Anggeria Dosen
  • Brigity Sephanie Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitraprima.v3i1.2060

Keywords:

Severe Malnutrition, Economic, Children, Snack

Abstract

Gizi buruk merupakan suatu kondisi seseorang mengalami kekurangan nutrisi. Faktor penyebab gizi buruk meliputi makanan tidak seimbang dan infeksi, sedangkan faktor penyebab tidak langsung meliputi ketahanan pangan dalam keluarga, pola pengasuhan anak serta pelayanan kesehatan anak dan lingkungan. Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa merupakan program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk memberikan suatu inovasi berupa kuliner bernama “DAGEL” (Dapur Bagan Deli) sebagai kuliner sehat bagi anak yang mengalami gizi buruk serta dapat membuka peluang usaha sehingga membantu perekonomian masyarakat Kelurahan Bagan Deli. Desain penelitian menggunakan analisa deskriptif. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 22 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik pelatihan, penyuluhan, bimbingan, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya ekonomi masyarakat melalui DAGEL (Dapur Bagan Deli) yang menjadi kuliner bagi anak gizi buruk. Diharapkan dengan adanya program ini dapat memberikan efek jangka panjang terhadap kemajuan perekonomian dan kesehatan masyarakat sehingga Kelurahan Bagan Deli dapat menjadi kelurahan yang maju dan berkembang.

References

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kajian Sektor Kesehatan Pembangunan Gizi Di Indonesia, Jakarta: Kementrian Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, 2019.

ASEAN Secretariat, ASEAN Sustainable Development Goals Indicators Baseline Report 2020. Jakarta: The ASEAN Secretariat, 2020.

Anik dkk, 2017, Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Balita di Pedesaan dan Perkotaan, Public Health Perspective Journal, 2 (1), 9-18.

Kemenkes RI, Profil Kesehatan Indonesia 2019, Kementerian Kesehatan RI, 2020.

Kemenkes RI, Laporan Nasional Riskesdas 2018, Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2019.

Downloads

Published

2021-10-26

How to Cite

Anggeria, E., & Sephanie, B. . (2021). DAGEL (Dapur Bagan Deli) Sebagai Kuliner Bagi Anak Gizi Buruk dan Meningkatkan Perekonomian . Jurnal Mitra Prima, 3(2), 41-44. https://doi.org/10.34012/mitraprima.v3i1.2060