Pemanfaatan Lingkungan Rumah dengan Penanaman Tanaman Hidroponik

Authors

  • Yeni Rafita Sihombing a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Universitas Prima Indonesia";}

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitraprima.v2i2.1679

Keywords:

Hidroponik, Pengetahuan, Peluang, Pendapatan

Abstract

Hidroponik merupakan cara menanam tanaman dengan menggunakan media tanam berupa air. Cara ini digemari karena kita tidak perlu pusing memikirkan memikirkan dimana tanaman akan ditanam  kita dapat menggunakan bahan bekas dan dapat diletakkan dimanapun. Selain itu bercocok tanam dengan teknik hidroponik tergolong mudah dan dapat dilakukan siapa saja dan mengasah kreativitas untuk mengolah dan menciptakan media baru untuk bercocok tanam.

Dalam upaya membantu masyarakat di daerah Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia dan pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, teridentifikasi bahwa berkreasi dengan hidroponik pada skala kecil atau rumah tangga merupakan segmen yang baik untuk diberikan pemahaman dalam pengembangan kegiatan ini dikarenakan dapat menjadi peluang usaha dalam skala rumah tangga. Kegiatan penyuluhan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah memberikan informasi dan pelatihan menanam sayuran secara hidroponik sederhana dengan sistem sumbu (Wick System). Diharapkan nantinya, dengan bekal pengetahuan ini, para ibu rumah tangga dapat melakukannya di rumah masing-masing dan nantinya akan dapat dengan mudah menyediakan sayuran segar dan bebas pestisida bagi keluarganya, sekalipun pada area pekarangan yang terbatas, dan sekaligus dapat pula dijadikan peluang usaha untuk menambah pendapatan keluarga.

References

Masduki, Anang (2017). Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Sempit di Dusun Randubelang, Bangunharjo,Sewon, Bantul. Jurnal Pemberdayaan. Vol 1 No 2. Oktober 2017. Hal 185-192.

Roidah, Ida Syamsu (2014). Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO. Vol 1 No 2.

Riskawati., dkk (2020). PKM Budidaya Sayuran dengan Teknologi Hidroponik Bagi kelompok Tani (KWT). JCES (Journal of Character Education Society). Vol 3 No 3. Oktober 2020. Hal 639 – 650.

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

Sihombing, Y. R. (2021). Pemanfaatan Lingkungan Rumah dengan Penanaman Tanaman Hidroponik. Jurnal Mitra Prima, 3(1), 55-57. https://doi.org/10.34012/mitraprima.v2i2.1679