PERAN DIGITAL MARKETING DALAM PENINGKATAN PENJUALAN SABUN CUCI PIRING IBU - IBU PKK KELURAHAN HARJOSARI II

-

Authors

  • Purnama Purba Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitraprima.v4i2.2892

Keywords:

Digital Marketing, Digital Marketing Penjualan, Sabun Cuci Piring

Abstract

Terwujudnya Indonesia maju dapat berawal dari ruang lingkup kecil di masyarakat yaitu keluarga. Fenomena yang muncul dalam kegiatan PKK ini adalah kurangnya pengetahuan ibu – ibu PKK Harjosari II dalam memasarkan produk sabun cuci piring secara digital. Tujuan kegiatan pengabdian  kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta mendorong ibu – ibu PKK kelurahan Harjosari II dalam memasarkan produk sabun cuci piring secara digital. Metode yang dilakukan olek pelaksana adalah observasi, ceramah, dan diskusi. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diikuti oleh ibu-ibu PKK Harjosari II terlaksana dengan baik dan semua peserta antusias mendengarkan pemaparan materi. Peserta kegiatan telah mendapatkan pengetahuan dan wawasan bagaimana cara memasarkan produk sabun cuci melalui media sosial FB, WA, dan Instagram sehingga hal tersebut akan meningkatkan penjualan sabun cuci piring dan meningkatkan pendapatan tambahan ibu – ibu PKK Harjosari II. Beberapa dari peserta kegiatan telah mampu membuat akun khusus untuk menjual produknya. Saran bagi ibu – ibu PKK perlu melakukan pelatihan yang berkelanjutan di bidang digital marketing dengan berbasis Web.

References

Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, (Vol.15 No. 4, pp. 18-33).

Heidrick and Struggles. 2009. The Adoption of Digital Marketing in Financial Services Under Crisis.

Puspita, D. L., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Konsumen Charles & Keith di Tunjungan Plaza Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 34(1), 79–85.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i 2.45

Sarinto. (2017). Fungsi Lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Industri Kerupuk Kemplang Di Desa Purworejo Kecamatan Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Urban, Glen. L. 2004. Digital Marketing Strategy: text and cases. Pearson Education.

https://www.menpan.go.id/site/tentang kami/tentang-kami/visi-misi-presiden-dan-wakil-presiden-ri

https://id.wikipedia.org/wiki/Pemberdayaan_Kesejahteraan_Keluarga

https://www.justaris.com/pengertian-digital-marketing-menurut-para-ahli-strategi-dan-perkembangannya-di-indonesia/

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Purba, P. (2022). PERAN DIGITAL MARKETING DALAM PENINGKATAN PENJUALAN SABUN CUCI PIRING IBU - IBU PKK KELURAHAN HARJOSARI II : -. Jurnal Mitra Prima, 4(2). https://doi.org/10.34012/mitraprima.v4i2.2892