MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PEMBINAAN TERPROGRAM OLEH PENGAWAS SEKOLAH DI SMP SWASTA METHODIST 4 MEDAN PADA SEMESTER 2 T.P. 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.34012/bip.v2i1.946Keywords:
Pembinaan, Kompetensi, GuruAbstract
Masalah penelitian ini adalah Apakah Pengawas Sekolah mampu melaksanakan supervisi melalui program pembinaan terprogram ?Apakah pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh Pengawas Sekolah dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana efektivitas supervisi dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru dan untuk meningkatkan kemampuan Pengawas Sekolah melakukan supervisi. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan. Penelitian dilakukan dalam bentuk laporan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu mulai bulan Peberuari 2019 sampai dengan bulan April 2019. Penelitian dilakukan di SMP Swasta Methodist 4 Medan. Hasil penelitian ini adalah Berdasarkan analisa data pada kondisi awal,siklus I dan siklus II ternyata supervisi dapat meningkatkan kemampuan guru mengajar. Peningkatan kemampuan tersebut sebagai hasil bimbingan yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru secara individu dan kelompok untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi pada setiap siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengawas Sekolah mampu membina guru-guru melalui teknik supervisi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran dan kemampuan mengajar guru yang dibina oleh Pengawas Sekolah melalui supervisi mengalami peningkatan secara signifikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Bahasa Indonesia Prima (BIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.