MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM ADMINISTRASI PENILAIAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SDN 116884 SEI KEBARA DESA
DOI:
https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1296Keywords:
supervisi akademik, kompetensi pedagogikAbstract
Abstrak-Kompetensi dalam menyusun administrasi penilaian masih menjadi masalah yang senantiasa ditemukan di berbagai sekolah, tidak terkecuali SDN 116884 Sei Kebara Desa Torgamba Kec. Torgamba Kab. Labuhanbatu Selatan. Oleh karena itu, penelitian tindakan sekolah (PTS) ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru di SDN 116884 Sei Kebara dalam menyusun administrasi penilaian melalui supervisi akademik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi kelas dengan menggunakan alatpenilaian kemampuan guru (APKG). Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pasca adanya tindakan yaitu 5 guru (45,46%) pada kategori baik sekali, 4 guru (36,36%) berada pada kategori baik dan 2 guru (18,18%) berada pada kategori cukup.Peneliti menyimpulkan bahwa peningkatan kompetensi guru-guru dalam menyusun administrasi penilaian dalam pembelajaran di SDN 116884 Sei Kebara Desa Torgamba, Kec. Torgamba Kab. Labuhanbatu Selatan sebesar 26,82%.
Kata kunci: supervisi akademik, kompetensi pedagogik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Bahasa Indonesia Prima (BIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.