ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN PADA IKLAN DJARUM 76 VERSI “CALEG CERDAS-OTAK KOSONG”
DOI:
https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.596Keywords:
Iklan, Analisis Semiotika, Roland BarthesAbstract
Iklan rokok adalah iklan yang dibatasi dengan dilarang memperlihatkan wujud rokok. Hal tersebut yang membuat iklan rokok berbeda dan para biro iklan rokok harus berpikir lebih kreatif untuk bisa tetap membuat iklan untuk produk rokok. Iklan Djarum 76 adalah iklan yang memiliki konsep berbeda dengan iklan rokok lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis makna pesan dalam iklan Djarum 76 Versi Caleg Cerdas dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Makna pesan tersebut diperoleh dari tanda-tanda audiovisual yang memiliki makna, yaitu kata (bahasa), isyarat tubuh, teks, konteks dan efek suara. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi dokumen, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tampilan visual dari Iklan Djarum 76 Versi “Caleg Cerdas – Otak Kosong”terdiri dari tanda-tanda audiovisual yang memberikan makna keseluruhan secara utuh ketika semua unsur digabungkan. Hal tersebut tidka terlepas dari analisis makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos. Sebelumnya melakukan analisis makna terlebih dahulu mengetahu dan membagi scene berdasarkan video, dimana video ini berdurasi 30 detik dan terbagi atas 7 scene dalam 1 seguence, yang dibagi menjadi 12 gambar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Bahasa Indonesia Prima (BIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.