EKSPERIMENTASI PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MERUMUSKAN STRATEGI "PEMASARAN" PROFESSIONAL PENDIDIK MELALUI MOTIVASI KERJA

Authors

  • Oktaviandi Bertua Pardede Universitas Prima Indonesia
  • Hijrah Purnama Sari Ariga Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.592

Keywords:

SWOT, Pemasaran, Motivasi Kerja, Eksperimentasi

Abstract

Penerapan analisis SWOT yang dieksperimentasikan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pendidik sebagai tenaga ahli yang professional. Melalui analisis yang dilakukan terhadap alumni kampus maka informasi tentang peluang bekerja bagi mahasiswa calon pendidik (guru) akan terlihat secara nyata. Analisis ini juga akan memberikan sebuah strategi dalam mengoptimalkan sumber daya mahasiswa calon pendidik. Sehingga melalui pembelajaran berbasis proyek akan muncul motivasi kerja mahasiswa yang diukur dalam ekperimentasi ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan pengujian hipotesis (uji komparatif). Sehingga melalui software SPSS akan diketahui interpretasi variabel yang dianalisis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat 60 % alumni yang bekerja sebagai guru atau pendidik sedangkan 40% lainnya bekerja sebagai pekerja perusahaan dan wiraswasta lainnya. Berdasarkan hasil angket motivasi kerja yang diisi para alumni terdapat 29,75% sangat setuju; 47,50% setuju; 5,75% ragu-ragu (tidak tahu); 15,75% tidak setuju dan 1,25% sangat tidak setuju. Hasil ini memberikan kontribusi dalam perumusan strageti “pemasaran” profesi pendidik. Sehingga melalui analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities and Threats) diperoleh beberapa rekomendasi untuk nantinya disubstitusikan dalam perkuliahan. Kemudian hasil analisis data terkait motivasi kerja mahasiswa sebelum dan sesudah perlakuan memberikan perbedaan yang signifikan. Melalui perangkat SPSS version 20 diperoleh bahwa data tidak berdistribusi normal secara keseluruhan. Oleh karena itu dilakukan analisis nonparametric dengan uji-z (uji-wilcoxon), dan hasilnya dari 8 populasi hanya kelas bahasa Indonesia C yang tidak mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan sedangkan yang lainnya meningkat secara signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang diperoleh mahasiswa lebih baik setelah peneliti memberikan motivasi kerja.

Downloads

Published

2019-09-16

How to Cite

Pardede, O. B., & Sari Ariga, H. P. (2019). EKSPERIMENTASI PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MERUMUSKAN STRATEGI "PEMASARAN" PROFESSIONAL PENDIDIK MELALUI MOTIVASI KERJA. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 1(2), 65-72. https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.592