PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIII-A SMP TALITAKUM MEDAN TP 2021/2022

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wahyu Ningsih
Nanda Dwi Astri
Annisa Annisa
Amelia Simanungkalit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menyimak cerpen  dengan menggunakan model Cooperativelearning tipe STAD pada siswa VIII-A SMP Talitakum Tahun Pembelajaran 2021/2022. Masalah yang mendasar adalah rendahnya keterampilan menyimak siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dalam bentuk PTK. Subjek penelitian ini siswa dan guru Bahasa Indonesia siswa kelas VIII-A SMP Talitakum Medan. Data penelitian ini berupa foto, RPP, silabus, hasil pembelajaran dan catatan hasil wawancara. Teknik  pengumpulan data dengan cara tes, wawancara, dan observasi. Prosedur penelitian ini menggunakan desain Kemmis Mc Taggart, yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil yang ditemukan adalah adanya peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menyimak cerpen dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD setelah melalui dua siklus dengan rincian peningkatan dari 60,87% yang tuntas menjadi 91,30%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Abdullah Sani, Ridwan & Sudirman, 2017, Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Tangerang : Tira Smart
  2. Berutu, Delima., 2018, Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Tanah Pinem Tahun Pembelajaran 2017/2018. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Prima Indonesia . Medan.
  3. Slavin, 2017, Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung : Nusa Media.
  4. Tarigan, Guntur., 2016, Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)