PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMANDU ACARA INFOTAINMENT PADA SISWA SMP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Annisa Annisa
Annisa Nasution
Oktaviandi Bertua Pardede
Nanda Dwi Asti

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap kemampuan memandu acara infotainment siswa kelas VIII SMP Daya Cipta Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Instrumen yang digunakan untuk menyaraing data adalah tes unjuk kerja.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memandu acara infotainment dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual dan pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,5 sedangkan kemampuan siswa dalam memandu acara infotainment dengan menggunakan pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori cukupdengan nilai rata-rata 67,76. Dari hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa thit> ttab(4,73>2,002) sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Kemampuan memandu acara infotainment yang diajarkan di kelas VIII Terpadu dengan menggunakan mediapembelajaran audiovisual dan pembelajaran konvensional lebih berpengaruh baik dibandingkan kemampuan memandu acara infotainment di kelas VIII-1 dengan pembelajaran konvensional.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Gabriela, Novika Dian Pancasar. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasisi Audiovisual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mahaguru (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). Vol. 2 NO. 1. Dalamfile:///C:/Users/hp/Downloads/1750-Article%20Text-2975-1-10-20210714%20(2).pdf
  2. Hasanah. 2011. Pengaruh Metode Sugesti-Imajinasi Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Sebagai Pembawa Acara (MC) Oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Mahasiswa.
  3. Purwaningsih, Pari. 2017. Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. Vol. 2 No. 1. Dalam http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika/article/view/1503
  4. Setiawan. 2020. Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V.Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 3 No. 2. Dalam :///C:/Users/hp/Downloads/5874-19589-2-PB.pdf
  5. Suhaimi, Andi dkk. 2020. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar SD. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD.Volum IV. No. 1. Dalam file:///C:/Users/hp/Downloads/6554-15970-1-SM.pdf
  6. Tisyara, Laudiya. 2021.7 Macam-Macam Metode Penelitian Kuantitatif dan Penjelasannya. Dalam https://hot.liputan6.com/read/4706956/7-macam-macam-metode-penelitian-kuantitatif-dan-penjelasannya

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.