THE APPLICATION OF THE TALKING STICK METHOD TO IMPROVE STUDENT'S SPEAKING SKILLS PRINCE ANTASARI MEDAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yolanda Novita Silaban
Depitaria Barus

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dalam menanggapi cerpen siswa melalui penerapan metode tongkat berbicara (talking stick). Pelaksanaan penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ada pada pembelajaran berbicara dalam menanggapi cerpen pada siswa yang masih tergolong rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan tindakan kelas yang mendeskripsikan keterampilan berbicara dalam menanggapi cerpen pada siswa secara klasikal dan keterampilan berbicara dalam menanggapi cerpen melalui metode tongkat berbicara (talking stick) dalam bentuk pelaksanaanya dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan dengan sampel bertujuan (purposive sample) pada 30 siswa kelas VII SMP Pangeran Antasari Medan. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berbicara dalam menanggapi cerpen siswa meningkat setelah menerapkan metode tongkat berbicara (talking stick). Pada pembelajaran prasiklus siswa memperoleh nilai rata-rata 52,33 dan persentase ketuntasan klasikal 20%. Setelah menerapkan metode tongkat berbicara (talking stick), hasil penilaian tes siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,5 dan meningkat menjadi 71,67 pada tes siklus II. Dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I 66,67% meningkat pada siklus II 76,67%. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tongkat berbicara (talking stick) dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam menanggapi cerpen pada siswa kelas VII SMP Pangeran Antasari Medan.


Kata kunci: keterampilan berbicara, menanggapi cerpen, tongkat berbicara

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Aliyah, Sri. 2013. Peningkatan Keterampilan Bercerita
  2. Menggunakan Media Film Kartun
  3. Dengan Metode Talking Stick Pada
  4. Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1
  5. Banjarharjo Brebes. Semarang: UNNES.Tersedia:http://lib.unnes.ac.id/19611/1/2101409015.pdf.[19Januari 2017].
  6. Anindyarini, Atikah dan Ningsih, Sri.
  7. Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII. Jakarta: Nur Ilmu.
  8. Aqib, Zainal, dan dkk. 2011. Penelitian
  9. Tindakan Kelas. Bandung: Yrama
  10. Widya.
  11. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan
  12. Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
  13. Bungin, Burhan. 2007. Penelitian
  14. Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi,
  15. Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial
  16. Lainnya. Jakarta: Prenada Media
  17. Group.
  18. Cahyaningsih, Putri Dwi. 2011. Penerapan model talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran
  19. bahasa Indonesia kelas V SDN
  20. Jatimulyo 1 kota Malang. Tersedia:
  21. http://library.um.ac.id. [19 Januari
  22. .
  23. Huda, Miftahul. 2014. Model-model
  24. Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  25. Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran
  26. Inovatif. Medan: Media Persada.
  27. Kosasih, E. 2003. Ketatabahasaan dan
  28. Kesusastraan Bahasa Indonesia.
  29. Bandung: Yrama Widya.
  30. Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015.
  31. Model Pembelajaran. Jakarta: Kata
  32. Pena.
  33. Moleong, J Lexy. 2016. Metodologi
  34. Penelitian Kualitatif. Bandung:
  35. Remaja Rosdakarya.
  36. Naiborhu, Ruth Yunita. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Tongkat Berbicara (Talking Stick) Untuk Meningkatkan Keterampilan
  37. Menyimak Cerita Rakyat Batubara
  38. Pada Siswa Kelas X-2 SMA Dharma Pancasila Medan”. Skripsi UNPRI.
  39. UNPRI Medan: tidak diterbitkan.
  40. Nasution, Halimahtus Syakdiah. 2013.
  41. Penerapan Model Pembelajaran
  42. Talking Stick Untuk Meningkatkan
  43. Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Di Kelas IV SD Negeri 050785 Pekan Besitang Kab. Langkat. Medan: UNIMED. Tersedia:http://digilib.unimed.ac.id/public. [19Januari2017].
  44. Purba, Antilan. 2014. Sastra Indonesia
  45. Kontemporer. Yogyakarta: Graha
  46. Ilmu.
  47. Setiyowati, Ambar. 2009. Peningkatan Kemampuan Menanggapi Cara Pembacaan Cerpen melalui Metode Diskusi Kelompok Kepala Bernomor pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 18 Semarang: UNNES. Tersedia:
  48. http://lib.unnes.ac.id/5402/1/4333A.pdf. [19 Januari 2017].
  49. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model
  50. Pembelajaran Inovatif dalam
  51. Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar
  52. Ruzz Media.
  53. Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan
  54. Kelas. Semarang: Widya Karya.
  55. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  56. Suharma. 2010. Bahasa dan Sastra
  57. Indonesia. Jakarta: Yudhistira.
  58. Tantawi, Isma. 2014. Bahasa Indonesia
  59. Akademik. Bandung: Citapustaka
  60. Media.
  61. Tarigan, Guntur Henry. 2008. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan
  62. Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.