MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH

Authors

  • Yanida Bu'ulolo a:1:{s:5:"en_US";s:18:"IKIP Gunung Sitoli";}

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536

Keywords:

Budaya Literasi, Literasi, Kurikulum 2013

Abstract

Kemampuan literasi pada awalnya diartikan sebagai keterampilan membaca dan menulis, tetapi pada saat ini pengertiannya mengalami perkembangan. Khusus untuk mata pelajaran bahasa Indonesia pengertian literasi lebih dipumpunkan pada keterampilan informasi. Kemampuan informasi mengacu pada beberapa aktivitas, yaitu mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengomunikasikan informasi. Ketiga aktivitas tersebut tidak dapat dilepaskan dari keterampilan membaca dan menulis, yang dilaksanakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Aktivitas semacam ini sesuai dengan tuntutan proses pembelajaran menurut Kurikulum 2013 yang dikenal dengan istilah pendekatan saintifik. Berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran literasi maka guru harus memperhatikan empat aspek, yaitu sumber belajar, bahan ajar, strategi pembelajaran, dan penilaian.

Kata kunci : Membangun, Minat, Budaya Literasi.

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Bu’ulolo, Y. (2021). MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH . Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16-23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536