THE APPLICATION OF THE TALKING STICK METHOD TO IMPROVE STUDENT'S SPEAKING SKILLS PRINCE ANTASARI MEDAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dalam menanggapi cerpen siswa melalui penerapan metode tongkat berbicara (talking stick). Pelaksanaan penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ada pada pembelajaran berbicara dalam menanggapi cerpen pada siswa yang masih tergolong rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan tindakan kelas yang mendeskripsikan keterampilan berbicara dalam menanggapi cerpen pada siswa secara klasikal dan keterampilan berbicara dalam menanggapi cerpen melalui metode tongkat berbicara (talking stick) dalam bentuk pelaksanaanya dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan dengan sampel bertujuan (purposive sample) pada 30 siswa kelas VII SMP Pangeran Antasari Medan. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berbicara dalam menanggapi cerpen siswa meningkat setelah menerapkan metode tongkat berbicara (talking stick). Pada pembelajaran prasiklus siswa memperoleh nilai rata-rata 52,33 dan persentase ketuntasan klasikal 20%. Setelah menerapkan metode tongkat berbicara (talking stick), hasil penilaian tes siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,5 dan meningkat menjadi 71,67 pada tes siklus II. Dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I 66,67% meningkat pada siklus II 76,67%. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tongkat berbicara (talking stick) dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam menanggapi cerpen pada siswa kelas VII SMP Pangeran Antasari Medan.
Kata kunci: keterampilan berbicara, menanggapi cerpen, tongkat berbicara
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aliyah, Sri. 2013. Peningkatan Keterampilan Bercerita
- Menggunakan Media Film Kartun
- Dengan Metode Talking Stick Pada
- Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1
- Banjarharjo Brebes. Semarang: UNNES.Tersedia:http://lib.unnes.ac.id/19611/1/2101409015.pdf.[19Januari 2017].
- Anindyarini, Atikah dan Ningsih, Sri.
- Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VII. Jakarta: Nur Ilmu.
- Aqib, Zainal, dan dkk. 2011. Penelitian
- Tindakan Kelas. Bandung: Yrama
- Widya.
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan
- Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
- Bungin, Burhan. 2007. Penelitian
- Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi,
- Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial
- Lainnya. Jakarta: Prenada Media
- Group.
- Cahyaningsih, Putri Dwi. 2011. Penerapan model talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran
- bahasa Indonesia kelas V SDN
- Jatimulyo 1 kota Malang. Tersedia:
- http://library.um.ac.id. [19 Januari
- .
- Huda, Miftahul. 2014. Model-model
- Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran
- Inovatif. Medan: Media Persada.
- Kosasih, E. 2003. Ketatabahasaan dan
- Kesusastraan Bahasa Indonesia.
- Bandung: Yrama Widya.
- Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015.
- Model Pembelajaran. Jakarta: Kata
- Pena.
- Moleong, J Lexy. 2016. Metodologi
- Penelitian Kualitatif. Bandung:
- Remaja Rosdakarya.
- Naiborhu, Ruth Yunita. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Tongkat Berbicara (Talking Stick) Untuk Meningkatkan Keterampilan
- Menyimak Cerita Rakyat Batubara
- Pada Siswa Kelas X-2 SMA Dharma Pancasila Medan”. Skripsi UNPRI.
- UNPRI Medan: tidak diterbitkan.
- Nasution, Halimahtus Syakdiah. 2013.
- Penerapan Model Pembelajaran
- Talking Stick Untuk Meningkatkan
- Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Di Kelas IV SD Negeri 050785 Pekan Besitang Kab. Langkat. Medan: UNIMED. Tersedia:http://digilib.unimed.ac.id/public. [19Januari2017].
- Purba, Antilan. 2014. Sastra Indonesia
- Kontemporer. Yogyakarta: Graha
- Ilmu.
- Setiyowati, Ambar. 2009. Peningkatan Kemampuan Menanggapi Cara Pembacaan Cerpen melalui Metode Diskusi Kelompok Kepala Bernomor pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 18 Semarang: UNNES. Tersedia:
- http://lib.unnes.ac.id/5402/1/4333A.pdf. [19 Januari 2017].
- Shoimin, Aris. 2014. 68 Model
- Pembelajaran Inovatif dalam
- Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar
- Ruzz Media.
- Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan
- Kelas. Semarang: Widya Karya.
- Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Suharma. 2010. Bahasa dan Sastra
- Indonesia. Jakarta: Yudhistira.
- Tantawi, Isma. 2014. Bahasa Indonesia
- Akademik. Bandung: Citapustaka
- Media.
- Tarigan, Guntur Henry. 2008. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan
- Berbahasa. Bandung: Angkasa.