PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 6 TAHUN: STUDI KASUS PADA YUDHA
DOI:
https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1259Keywords:
Bahasa, Kosakata, Kelas Kata, Anak, PendidikanAbstract
Abstrak-Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif kualitatif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian pada situasi sekarang berdasarkan fakta-fakta sebagaimana adanya. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik simak, libat, cakap dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini, menggunakan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini kelas kata bahasa Indonesia yang dikuasai oleh Yudha anak usia 6 tahun sudah meliputi nomina, verba, adjektiva, adverbia, pronomina, numeralia, dan introgrativa. Dalam hal ini kelas kata nomina menempati posisi terbanyak yang dikuasai oleh Yudha. Untuk ruang lingkup kosakata, mayoritas ruang lingkup kosakata yang dikuasai Yudha masih berada pada tataran benda, aktivitas, keadaan atau hal-hal lain yang bersifat konkret. Merujuk pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis kosakata yang ditemukan bahwa kosakata Yudha sudah mencakup hampir seluruh kelas kata yang ada. Dari sepuluh kelas kata yang ada, sebagian besar kosakata anak sudah mencakup nomina, verba, adjektiva, adverbia, pronomina, numeralia, introgrativa. Dari hasil penelitian ini, kelas kata nomina menempati posisi terbanyak yang dikuasai oleh Yudha.
Kata kunci: penguasaan, kosakata, anak usia 6 tahun
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Bahasa Indonesia Prima (BIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.