PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 6 TAHUN: STUDI KASUS PADA YUDHA

Authors

  • Ike Trisnawati Univeristas Jambi
  • Mujiyono Wiryotinoyo Universitas Jambi
  • Herman Budiyono Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1259

Keywords:

Bahasa, Kosakata, Kelas Kata, Anak, Pendidikan

Abstract

Abstrak-Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif kualitatif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian pada situasi sekarang berdasarkan fakta-fakta sebagaimana adanya. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik simak, libat, cakap dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini, menggunakan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini kelas kata bahasa Indonesia yang dikuasai oleh Yudha anak usia 6 tahun sudah meliputi nomina, verba, adjektiva, adverbia, pronomina, numeralia, dan introgrativa. Dalam hal ini kelas kata nomina menempati posisi terbanyak yang dikuasai oleh Yudha. Untuk ruang lingkup kosakata, mayoritas ruang lingkup kosakata yang dikuasai Yudha masih berada pada tataran benda, aktivitas, keadaan atau hal-hal lain yang bersifat konkret. Merujuk pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis kosakata yang ditemukan bahwa kosakata Yudha sudah mencakup hampir seluruh kelas kata yang ada. Dari sepuluh kelas kata yang ada, sebagian besar kosakata anak sudah mencakup nomina, verba, adjektiva, adverbia, pronomina, numeralia, introgrativa. Dari hasil penelitian ini, kelas kata nomina menempati posisi terbanyak yang dikuasai oleh Yudha.

Kata kunci: penguasaan, kosakata, anak usia 6 tahun

Downloads

Published

2020-09-23

How to Cite

Trisnawati, I., Wiryotinoyo, M., & Budiyono, H. (2020). PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 6 TAHUN: STUDI KASUS PADA YUDHA. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 182-189. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1259