Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pembinaan Terprogram Oleh Pengawas Sekolah Di SMP Swasta Methodist 4 Medan Pada Semester 2 T.P. 2018/2019

Authors

  • Yetty Mardiana Dinas Pendidikan Kota Medan

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v2i1.946

Keywords:

Pembinaan, Kompetensi, Guru

Abstract

Masalah penelitian ini adalah Apakah Pengawas Sekolah mampu melaksanakan supervisi  melalui program pembinaan terprogram ?Apakah pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh Pengawas Sekolah dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana efektivitas supervisi  dapat meningkatkan  kemampuan mengajar guru dan untuk meningkatkan kemampuan Pengawas Sekolah melakukan supervisi. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan. Penelitian dilakukan dalam bentuk laporan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu mulai bulan Peberuari 2019 sampai dengan bulan April 2019. Penelitian dilakukan di SMP Swasta Methodist 4 Medan. Hasil penelitian ini adalah       Berdasarkan analisa data pada kondisi awal,siklus I dan siklus II ternyata supervisi  dapat meningkatkan kemampuan guru mengajar. Peningkatan kemampuan tersebut sebagai hasil bimbingan yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru secara individu dan kelompok untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi pada setiap siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengawas Sekolah mampu membina guru-guru melalui teknik supervisi  untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran dan kemampuan mengajar guru yang dibina oleh Pengawas Sekolah  melalui supervisi  mengalami peningkatan secara signifikan.

Downloads

Published

2020-05-17