IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PjBL MELALUI STUDI INDEPENDENT PADA MATA KULIAH SANGGAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Authors

  • Hilman Yusra Universitas Jambi
  • Albertus Sinaga Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.2860

Keywords:

Pembelajaran PjBL, Studi Independent, Sanggar Bahasa, Sastra Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa melalui pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui studi independent pada mata kuliah Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan melihat interaksi peserda didik dalam proses perkuliahan. Data penelitian ini berupa empat komponen pembelajaran meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian yaitu mahasiswa aktif Semester III di kelas A yang mengontrak mata kuliah Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian peneliti melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PjBL melalui studi independent pada mata kuliah Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia menunjukkan peroleh hasil produk belajar mahasiswa yang baik dalam mendesain Rencana Pelaksanaan Semester (RPS) dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah dengan mengahasilkan suatu produk berupa buku pedoman.

References

Ardianti, Sekar Dwi, Ika Ari Pratiwi, dan Mohammad Kanzunnudin. (2017) Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7 (2), https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Aqib, Z. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Aini, N. (2019). Montase dan Pembelajaran: Montase sebagai Pembangun Daya Fikir dan Kreativitas Anak Usia Dini. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia,

Dewi, Citra Ayu, Abdul Hamid. Pengaruh Model Case Based Learning (CTL)Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen” IKIP Mataram. Vol 3. No 2. ISSN 2338-6480. 2013

Gora, Winastwan, & Sunarto. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Harahap, E. P., & Hilman Yusra. (2022). Implementasi Pembelajaran Case Method Melalui Observasi-Investigasi Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Dialogika di Forum Kelas. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 4(1), 26-34. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2164

Hutasuhut, S. 2010. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan pada Jurusan Manajemen FE Unimed. Pekbis Jurnal. 2(1) 196-207.

Kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. 2021 “Studi Independen: Kuasai ilmu aplikatif lintas jurusan dari para ahli di bidangnya”. Diakses pada 23 Februari 2022, https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/studi-independen/

Maghfiroh, Nailyl & Sholeh Muhammad. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (5)

Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka

Belajar-Kampus Merdeka.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Yusra, H., & Sinaga, A. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PjBL MELALUI STUDI INDEPENDENT PADA MATA KULIAH SANGGAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS JAMBI. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(2), 245-253. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.2860