Pelatihan Literasi dalam Ruang Digital di SMP Negeri 30 Medan

Authors

  • Oktaviandi Bertua Pardede Universitas Prima Indonesia
  • Nanda Dwi Astri Universitas Prima Indonesia
  • Anisa Anisa Universitas Prima Indonesia
  • Dani Sukma Agus Setiawan Universitas Prima Indonesia
  • Wahyu Ningsih Universitas Prima Indonesia
  • Esra Perangin-angin Universitas Prima Indonesia
  • Amelia Simanungkalit Universitas Prima Indonesia
  • Ramadhan Saleh Lubis Universitas Prima Indonesia
  • Azizah Husda Universitas Prima Indonesia
  • Sartika Sari Universitas Prima Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitraprima.v5i1.3525

Keywords:

Literasi, Ruang Digital, Aktivitas Belajar

Abstract

Literasi dalam ruang digital merupakan tujuan pelaksanaan pengabdian di SMP Negeri 30 Medan. Kegiatan ini bersinergi terhadap pembelajaran siswa bahwa perkembangan ruang digitalsudah mengamplifikasikan beragam sumber belajar siswa. Sehingga dapat memberikan percepatan yang berarti terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Pelatihan yang dilakukan terhadap siswa kelas VIII di SMP ini menerapkan metode partisipatori yakni siswa terlibat dalam kegiatan yang disusun. Metode ini juga menerapkan pendampingan secara langsung untuk menghasilkan produk literasi yang dinamis. Hasil pelatihan menunjukkan potensi bahwa siswa dapat mengelola pengetahuannya secara efisien, siswa juga dapat mengkaji informasi yang ilmiah melalui kolaborasi yang dilakukan. Selama proses pendampingan juga tampak adanya kemandirian belajar siswa melalui media belajar online “rumah belajar”, sehingga melalui monitoring bertahap yang dilakukan oleh guru kelas menunjukkan literasi yang kondusif. Selanjutnya penerapan ruang digital menjadi tool yang dapat mengoptimalkan aktivitas literasi siswa. Jurnal harian baca siswa pun semakin meningkat dengan adanya ruang digital ini dan pada akhirnya dapat membudayakan literasi siswa secara signifikan.

References

Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. In Permendikbud. Jakarta : Kemendikbud.

Khotimah, K., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(11), 1488–1498. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458

Lubis, S. S. W. (2016). Membangun Budaya Literasi Membaca Dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 127–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167

Nazraini, L., & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Jurnal Literasi Harian Siswa Dalam Pengelolaan Sudut Baca Untuk Membangun Budaya Literasi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(2), 95–103. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jssh.v6i2.22896

Pardede, O. B. (2022). Penerapan Pembelajaran Literasi di SMP Negeri 2 Sitiotio dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi. Jurnal Mitra Prima (Jmp), 3(April), 8. https://doi.org/https://doi.org/10.34012/mitraprima.v4i1.2531

Setyawan, W. H., & Nawangsari, T. (2021). Pengaruh E-Module Speaking Berbasis Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 339. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.339-346.2021

Subandiyah, H. (2017). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra, Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1), 81–109. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p

Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496

Yulianingsih, W., Lestari, G. D., & Rahma, R. A. (2018). Parenting Education Dalam Literasi Budaya dan Kewargaan. Prosiding Seminar Nasional Dan Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesia, 55–58. %0A%0A%0A

Zahra, Asnimar, Srirarasati, & Yenny, L. (2017). Pemanfaatan Media Videoscribe-Sparkol Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Guru Dan Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 302–313. http://conference.unsri.ac.id/index.php/SNBI/article/view/523/143

Downloads

Published

2023-05-06

How to Cite

Pardede, O. B., Astri, N. D., Anisa, A., Setiawan, D. S. A., Ningsih, W., Perangin-angin, E., Simanungkalit, A., Lubis, R. S., Husda, A., & Sari, S. (2023). Pelatihan Literasi dalam Ruang Digital di SMP Negeri 30 Medan. Jurnal Mitra Prima, 5(1). https://doi.org/10.34012/mitraprima.v5i1.3525