Pelatihan Literasi dalam Ruang Digital di SMP Negeri 30 Medan

Main Article Content

Oktaviandi Bertua Pardede
Nanda Dwi Astri
Anisa Anisa
Dani Sukma Agus Setiawan
Wahyu Ningsih
Esra Perangin-angin
Amelia Simanungkalit
Ramadhan Saleh Lubis
Azizah Husda
Sartika Sari

Abstract

Literasi dalam ruang digital merupakan tujuan pelaksanaan pengabdian di SMP Negeri 30 Medan. Kegiatan ini bersinergi terhadap pembelajaran siswa bahwa perkembangan ruang digitalsudah mengamplifikasikan beragam sumber belajar siswa. Sehingga dapat memberikan percepatan yang berarti terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Pelatihan yang dilakukan terhadap siswa kelas VIII di SMP ini menerapkan metode partisipatori yakni siswa terlibat dalam kegiatan yang disusun. Metode ini juga menerapkan pendampingan secara langsung untuk menghasilkan produk literasi yang dinamis. Hasil pelatihan menunjukkan potensi bahwa siswa dapat mengelola pengetahuannya secara efisien, siswa juga dapat mengkaji informasi yang ilmiah melalui kolaborasi yang dilakukan. Selama proses pendampingan juga tampak adanya kemandirian belajar siswa melalui media belajar online “rumah belajar”, sehingga melalui monitoring bertahap yang dilakukan oleh guru kelas menunjukkan literasi yang kondusif. Selanjutnya penerapan ruang digital menjadi tool yang dapat mengoptimalkan aktivitas literasi siswa. Jurnal harian baca siswa pun semakin meningkat dengan adanya ruang digital ini dan pada akhirnya dapat membudayakan literasi siswa secara signifikan.

Article Details

How to Cite
Pardede, O. B., Astri, N. D., Anisa, A., Setiawan, D. S. A., Ningsih, W., Perangin-angin, E., Simanungkalit, A., Lubis, R. S., Husda, A., & Sari, S. (2023). Pelatihan Literasi dalam Ruang Digital di SMP Negeri 30 Medan. Jurnal Mitra Prima, 5(1). https://doi.org/10.34012/mitraprima.v5i1.3525
Section
Articles

References

Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. In Permendikbud. Jakarta : Kemendikbud.

Khotimah, K., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(11), 1488–1498. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458

Lubis, S. S. W. (2016). Membangun Budaya Literasi Membaca Dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 127–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167

Nazraini, L., & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Jurnal Literasi Harian Siswa Dalam Pengelolaan Sudut Baca Untuk Membangun Budaya Literasi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(2), 95–103. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jssh.v6i2.22896

Pardede, O. B. (2022). Penerapan Pembelajaran Literasi di SMP Negeri 2 Sitiotio dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi. Jurnal Mitra Prima (Jmp), 3(April), 8. https://doi.org/https://doi.org/10.34012/mitraprima.v4i1.2531

Setyawan, W. H., & Nawangsari, T. (2021). Pengaruh E-Module Speaking Berbasis Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 339. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.339-346.2021

Subandiyah, H. (2017). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra, Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1), 81–109. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p

Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496

Yulianingsih, W., Lestari, G. D., & Rahma, R. A. (2018). Parenting Education Dalam Literasi Budaya dan Kewargaan. Prosiding Seminar Nasional Dan Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesia, 55–58. %0A%0A%0A

Zahra, Asnimar, Srirarasati, & Yenny, L. (2017). Pemanfaatan Media Videoscribe-Sparkol Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Guru Dan Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 302–313. http://conference.unsri.ac.id/index.php/SNBI/article/view/523/143