OPTIMALISASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CHALLANGING TASK DALAM PENINGKATAN MINAT BACA MAHASISWA

Authors

  • Digna Renny Poltekkes Kemenkes Medan

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitraprima.v6i1.5420

Keywords:

e-modul, challangin task, android

Abstract

E-modul merupakan bentuk modul pembelajaran yang disajikan dalam format elektronik. Pemanfaatan android sebagai sarana proses belajar mengajar merupakan salah satu cara pengoptimalan e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat Android sebagai media pembelajaran berbasis Challenging Task dalam upaya meningkatkan minat baca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test terhadap mahasiswa di Lingkungan Poltekkes Medan. Media pembelajaran yang dikembangkan memanfaatkan aplikasi Android yang dirancang khusus untuk menyediakan tugas-tugas menantang yang dapat diakses dan dikerjakan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Challenging Task melalui perangkat Android secara signifikan meningkatkan minat baca siswa. Siswa yang menggunakan media pembelajaran ini menunjukkan peningkatan dalam motivasi, keterlibatan, dan minat terhadap materi bacaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi perangkat Android sebagai media pembelajaran berbasis Challenging Task efektif dalam meningkatkan minat baca siswa, sehingga dapat diimplementasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran diera digital. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi e-modul ini layak digunakan di kampus dengan tingkat kelayakan 91,37% untuk mahasiswa dan 92% untuk pakar. Penelitian ini semoga dapat menginspirasi guru untuk menggunakan teknologi saat membuat aplikasi e-modul.

Keyword : e-modul, challanging task, android

References

Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat, “Statistik Pendidikan 2022,” Statistik Pendidikan 2022, 2022.

N. Sugihartini, N. Laba Jayanta, J. Pendidikan, T. Informatika, J. Pendidikan Guru, and S. Dasar, “PENGEMBANGAN E-MODUL MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 14, no. 2, p. 221, Jul. 2017, doi: 10.23887/JPTK-UNDIKSHA.V14I2.11830.

M. W. A. Pramana, I. N. Jampel, and K. Pudjawan, “Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning,” Jurnal Edutech Undiksha, vol. 8, no. 2, pp. 17–32, Sep. 2020, doi: 10.23887/JEU.V8I2.28921.

S. Maghfiroh, I. Wilujeng, J. Jumadi, and D. Masyitha, “Development of Physics E-Module Based on Discovery Learning to Improve Students’ Scientific Literacy,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 9, no. 2, pp. 452–458, Feb. 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i2.1733.

Ricu Sidiq and Najuah, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar,” Jurnal Pendidikan Sejarah, vol. 9, no. 1, pp. 1–14, Jan. 2020, doi: 10.21009/JPS.091.01.

J. Penelitian Pendidikan IPA, J. Sinung Prabasari, and D. Wahyuningsih, “Development of Electronic Modules (E-Modules) Based on Problem Based Learning on Additives and Addictive Substances to Improve Students’ Critical Thinking Ability,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 7, no. SpecialIssue, pp. 312–319, Dec. 2021, doi: 10.29303/JPPIPA.V7ISPECIALISSUE.1233.

J. Cai and S. Hwang, “Making Mathematics Challenging Through Problem Posing in the Classroom,” pp. 115–145, 2023, doi: 10.1007/978-3-031-18868-8_7.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 128–137, Dec. 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Renny, D. (2024). OPTIMALISASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CHALLANGING TASK DALAM PENINGKATAN MINAT BACA MAHASISWA. Jurnal Mitra Prima, 6(1). https://doi.org/10.34012/mitraprima.v6i1.5420