Pelatihan Penulisan Cerpen Remaja pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan

Authors

  • Oktaviandi Bertua Pardede Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitraprima.v4i2.2884

Keywords:

Cerpen, Remaja

Abstract

Budaya literasi terhadap karya sastra pada saat sekarang ini perlu digalakan kembali. Mengingat beberapa program pemerintah yang menyisipkan beberapa pengajaran terkait literasi dikembangkan dan dilakukan di sekolah. Seperti beberapa gerakan literasi yang dicanangkan kemendikbud di sekolah untuk meningkatkan daya baca anak-anak khususnya di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Tetapi perlu diketahui juga bahwa budaya literasi itu tidak hanya berkutat pada membaca saja tetapi juga hadir pada bentuk kegiatan bahasa lain yakni menulis. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa seni menulis sangat penting. Tidak hanya untuk menuliskan gagasan kedalam sebuah tulisan tetapi juga dengan menulis, informasi yang ingin kita sampaikan dapat tersebar dengan baik apalagi di era serba digital ini sebuah tulisan sekarang akan sangat mudah diterbitkan bahkan di posting melalui akun-akun media sosial atau media digital lainnya. Agar anak-anak atau khususnya siswa-siswa dapat menulis dengan baik dan mengembangkan gagasannya, tim PKM dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNPRI mengadakan sebuah pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuhkan budaya literasi di bidang menulis. Pelatihan yang diadakan oleh tim PKM ini adalah pelatihan menulis cerpen yang bertemakan remaja yang sangat dekat dengan anak-anak khususnya siswa Sekolah Menengah Pertama. Kegiatan yang berlangsung di Sekolah Menengah Pertama Al-Hidayah Medan ini diharapkan dapat membantu para siswa menjadi lebih inovatif dan dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan menulisnya.

References

Budiono, H., & R., L. R. A. (2019). Metodologi Penulisan Esai Siswa SMA Methodist. SABDAMAS, 1(1), 17–22.

Dewojati, C. (2018). Pengembangan Pembelajaran Penulisan Kreatif Berwawasan Lingkungangan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia bagi Guru dan Siswa Pondok Pesantren Muqimus Sunnah di Palembang. Bakti Budaya, 1(1), 45– 56. https://doi.org/10.22146/bb.37919

Erowati, R. & A. B. (2011). Sejarah Sastra Indonesia. Jakarta: Lembaga Penelitain UIN Syarif Hidayatullah.

Haryanti, A. S., Samosir, A., & Nafilah, I. (2018). Pemberdayaan Relawan Balaraja melalui Pelatihan Menulis Karya Ilmiah dan Menulis Sastra. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 191. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.2550

Hutapea, E. (2019, June 23). Literasi Baca Indonesia Rendah, Akses Baca Diduga JadiPenyebab.Kompas.Com. Retrieved from

https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/ 23/07015701/literasi-baca- indonesia-rendah-akses-baca-diduga-jadi-penyebab

Narti. (2018). Peningkatan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen melalui Metode Kooperatif Tipe Student Teams achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas VIII C SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Empirisme, 24(6).

Suyanto, E. (2012). Perilaku Tokoh dalam Cerpen Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tarigan, H. G. (2011). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Thahar.

Wachidah, K., & Wati, T. L. (2019). Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Tutor Sebaya. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 14. https://doi.org/10.24269/adi.v2i2.971

Wijaya, H., Muttaqin, Z., & Taufiq, M. (2020). Sastra Masuk Sekolah (SMS) Pembinaan Menulis Karya Sastra bagi Siswa di Kecamatan Suralaga. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25–31.

Yulianto, A. (2018). Gerakan Literasi di Era Digital. Retrieved February 28, 2020, from https://www.kompasiana.com/ yuliagusyulianto/5c28d03143322f560141a4 a3/ gerakan- literasi-di-era-digital?page=all#section2

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Pardede, O. B. (2022). Pelatihan Penulisan Cerpen Remaja pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan. Jurnal Mitra Prima, 4(2). https://doi.org/10.34012/mitraprima.v4i2.2884

Most read articles by the same author(s)