PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU HAMIL DENGAN MEDIA POSTER DAN DETEKSI DINI FAKTOR RISIKO STUNTING PUSKESMAS SIPAHUTAR

INCREASING THE KNOWLEDGE OF PREGNANT WOMEN USING POSTER MEDIA AND EARLY DETECTION OF STUNTING RISK FACTORS SIPAHUTAR PUSKESMAS

Authors

  • Janner Pelanjani Simamora Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan
  • Naomi Isabella Hutabarat Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan
  • Elly Sianturi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitraprima.v5i1.3522

Keywords:

Pengetahuan, Ibu hamil, Media Poster, Deteksi Dini, Stunting

Abstract

Pendahuluan : Masalah  malnutrisi yang mendapat banyak perhatian akhir-akhir ini adalah masalah kurang gizi kronis dalam bentuk anak pendek atau stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Tujuan : Melakukan pemeriksaan deteksi dini faktor resiko stunting pada ibu hamil melalui pemeriksaan Hb pada ibu hamil, penimbangan Berat Badan ibu hamil, pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA), serta pemberian suplemen zat besi.

Metode : Melaksanakan pre test tentang stunting pada ibu hamil sebelum diberikan penyuluhan, Memberikan penyuluhan dengan metode ceramah dan media poster tentang stunting, Melaksanakan post test untuk mengukur pengetahuan tentang stunting sebelum penyuluhan.

Hasil : Berdasarkan hasil pre test dan post test dapat dilihat ada peningkatan jumlah ibu hamil yang berpengetahuan baik dari 50 orang (65,8%) pada saat pre test menjadi 69 orang (90,80%). Ibu yang berpengetahuan cukup pada saat pre test ada 15 orang (19,7%) menjadi 7 orang (9,20%) pada saat post test dan tidak di temukan lagi ibu yang berpengetahuan kurang.

Kesimpulan : Kegiatan penyuluhan tentang stunting berlngsung sangat antusias dimana banyak peserta bertanya dan semangat mengikuti setiap kegiatan pada pengabdian kepada masyarakat.

Saran : Diharapkan kepada para ibu hamil agar dapat memahami dan mengerti tentang stunting yang telah diberikan dan diajarkan oleh pelaksana pengabdi kepada masyarakat untuk mempersiapkan ibu hamil dalam menjaga kehamilan dan proses persalinannya.

References

Kemenkes RI, Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta, 2009.

Rokom, “Status Gizi Balita dan Interaksinya,” https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/blog/20170216/0519737/status-gizi-balita-dan-interaksinya/, 2017. .

S. A. Akhmad, Panduan Lengkap Kehamilan, Persalinan, dan Perawatan Bayi. Yogyakara: DIGLOSSIA MEDIA, 2008.

D. Agria R, Gizi Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya, 2012.

World Health Organization (WHO)., Angka Kematian Bayi. Amerika, 2012.

N. Agustina, “Apa itu Stunting,” Kemenkes, 2022. .

Gibney M., Gizi kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC, 2009.

Supariasa IDN, Penelitian Status Gizi. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2013.

V. A. Fikawati S, Syafiq A, Gizi Anak dan Remaja. Depok: Rajawali Pers, 2017.

B. Adriani, M., & Wirjatmadi, Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Abas 2012 Dalam Marfina, Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar. 2014.

S. Munawaroh, “Pola Asuh Mempengaruhi Status Gizi Balita Relationship of Parenting Pattern and Toddlers’ Nutrititional Status,” J. Keperawatan, vol. 6, no. 1, pp. 44–50, 2015.

I. D. . S. Kusharto, C.M., Survei Konsumsi Gizi. Yogyakara: Graha Ilmu, 2014.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Simamora, J. P., Hutabarat, N. I., & Sianturi, E. (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU HAMIL DENGAN MEDIA POSTER DAN DETEKSI DINI FAKTOR RISIKO STUNTING PUSKESMAS SIPAHUTAR : INCREASING THE KNOWLEDGE OF PREGNANT WOMEN USING POSTER MEDIA AND EARLY DETECTION OF STUNTING RISK FACTORS SIPAHUTAR PUSKESMAS. Jurnal Mitra Prima, 5(1). https://doi.org/10.34012/mitraprima.v5i1.3522