APLIKASI PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL
DOI:
https://doi.org/10.34012/jutikomp.v3i2.1364Keywords:
Budaya, Permainan Tradisional, Aplikasi, MultimediaAbstract
Kemajuan teknologi yang tidak terbendung sekarang ini sudah hampir terserap merata ke dalam berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Hal ini juga memicu adanya pergeseran budaya, kebiasaan, dan perilaku. Permainan tradisional yang sudah diwariskan turun temurun memiliki berbagai peran pendidikan yang saat ini kita lihat pada generasi muda yang tumbuh dengan permainan modern. . Berawal dari gagasan inilah tercetus ide perancangan yang mampu menghubungkan permainan tradisional dan permainan modern. Penggabungan tradisi beda generasi ini bukanlah tidak mungkin terjadi. Dengan memanfaatkan media modern yang lebih personal dan interaktif, mengajak, menginformasikan, dan mendidik bisa jadi jauh lebih menarik. Dalam aplikasi pengenalan permainan tradisional ini terdapat berbagai ajakan, informasi, serta berbagai fasilitas lain yang mampu memfasilitasi generasi modern untuk melihat kembali, betapa menyenangkannya permainan yang mereka belum banyak tahu hingga kini.
References
Astropudin,2012.Pengertian Aplikasi.(online).http://www.ilmukomputer.com/.
Kusmaedi, 2012. Pengertian Permainan Tradisional.(online). www.academia.edu.
M.Suyanto.2005.PengertianMultimedia.(online).http://pengertianmultimedia.com/.
M. Husna,2010. 100+ Permainan Tradisional Indonesia. Andi : Yogyakarta.
Munir, 2012. Multimedia : KonsepdanAplikasidalamPendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukirman, 2012.Pengertian Permainan Tradisional.(online).www.academia.edu
Suseno, 2009. Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia.(online).http://www.psb-psma.org/.
Sutabri,2012.PengertianAplikasi.(online).http://www.ilmukomputer.com/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Vionika Sari br Tarigan, Junika Napitupulu, Jamaluddin Jamaluddin, Marlyna Infryanty Hutapea
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak Cipta atas naskah-naskah karya ilmiah di dalam Jurnal ini dipegang oleh Penulis.
- Penulis menyerahkan hak saat pertama kali mempublikasi Naskah karya ilmiahnya dan secara bersamaan Penulis memberikan izin/lisensi dengan mengacu pada Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License kepada pihak lain untuk menyebarkan karya ilmiahnya tersebut dengan tetap mencantumkan penghargaan bagi penulis dan Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima sebagai media Publikasi pertama atas karya tersebut.
- Hal-hal yang berkaitan dengan non-eksklusivitas pendistribusian Jurnal yang menerbitkan karya ilmiah penulis dapat diperjanjikan secara terpisah (contoh: permintaan untuk menempatkan karya yang dimaksud pada perpustakaan suatu institusi atau menerbitkannya sebagai buku) dengan Penulis sebagai salah satu pihak perjanjian dan dengan penghargaan pada Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima sebagai media publikasi pertama atas karya dimaksud.
- Penulis dapat dan diharapkan untuk mengumumkan karyanya secara online (misalnya pada Repositori atau pada laman Organisai/Institusinya) sejak sebelum dan selama proses pengumpulan naskah, sebab upaya tersebut dapat meningkatkan pertukaran citasi lebih awal dan dengan cakupan yang lebih luas.