PERANCANGAN LAYOUT DAN GRAFIS APLIKASI GAME EDUKASI TEBAK GAMBAR BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i1.320Keywords:
Layout, Grafis, Edukasi, AndroidAbstract
Perkembangan teknologi saat ini telah banyak melahirkan jenis-jenis aplikasi yang bertujuan memberi nilai edukasi bagi penggunannya, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berfikir melalui aplikasi-aplikasi game yang bersifat mengenalkan, seperti pengenalan nama-nama pahlawan nasional, pengenalan huruf, pengenalan waktu, pengenalan hewan, pengenalan gambar yang ditujukan bagi usia anak-anak. Banyak juga dari aplikasi-aplikasi itu sulit untuk dipahami oleh anak-anak baik atau juga kurang menarik minat anak-anak untuk menggunakannya, salah satu penyebabnya adalah hasil tampilan yang disajikan. Berdasarkan hal tersebut penulis menjadikannya sebuah objek penulisan artikel ini yaitu perancangan layout dan grafis aplikasi game edukasi tebak gambar. Aplikasi ini dibangun berbasis android. Tujuan dari perancangan layout dan grafis game edukasi ini adalah untuk membuat tampilan grafik dari permainan tebak gambar menjadi semenarik mungkin sehingga pengguna khususnya anak-anak usia 7 tahun keatas dapat meningkatkan keinginan bermain sambil belajar dan tidak membosankkan. Metode analisis yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi literatur untuk mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan penulisan ini, kemudian dilanjutkan dengan observasi untuk pengumpulan data dan objek gambar untuk desain layout yang diperlukan. Sebagai akhir dari tulisan yang berjudul perancangan layout dan grafis aplikasi game edukasi tebak gambar berbasis android adalah membuat tampilan game semenarik mungkin sehingga pengguna merasa tertarik dan terhibur dan bernilai pendidikan berbasis android.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Ramli Ramli, Muhammad Taufik Batubara, Billy Mariza Akbar Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak Cipta atas naskah-naskah karya ilmiah di dalam Jurnal ini dipegang oleh Penulis.
- Penulis menyerahkan hak saat pertama kali mempublikasi Naskah karya ilmiahnya dan secara bersamaan Penulis memberikan izin/lisensi dengan mengacu pada Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License kepada pihak lain untuk menyebarkan karya ilmiahnya tersebut dengan tetap mencantumkan penghargaan bagi penulis dan Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima sebagai media Publikasi pertama atas karya tersebut.
- Hal-hal yang berkaitan dengan non-eksklusivitas pendistribusian Jurnal yang menerbitkan karya ilmiah penulis dapat diperjanjikan secara terpisah (contoh: permintaan untuk menempatkan karya yang dimaksud pada perpustakaan suatu institusi atau menerbitkannya sebagai buku) dengan Penulis sebagai salah satu pihak perjanjian dan dengan penghargaan pada Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima sebagai media publikasi pertama atas karya dimaksud.
- Penulis dapat dan diharapkan untuk mengumumkan karyanya secara online (misalnya pada Repositori atau pada laman Organisai/Institusinya) sejak sebelum dan selama proses pengumpulan naskah, sebab upaya tersebut dapat meningkatkan pertukaran citasi lebih awal dan dengan cakupan yang lebih luas.