PENGARUH FREKUENSI PERDAGANGAN, VOLUME PERDAGANGAN, KAPITALISASI PASAR, DAN JUMLAH HARI PERDAGANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTARDI BEI 2018-2022

Main Article Content

Juan Risky

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh frekuensi perdagangan, volume perdagangan, kapitalisasi pasar, dan jumlah hari perdagangan secara simultan terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018- 2022. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil pengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel atau 0,532 > 0,05 dan signifikan yang diperoleh - 0.631 < Ttabel 2.022, berarti frekuensi perdagangan secara parsial berpengaruh negatif terhadap return saham, dan menolak H1. Hasilpengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel atau 0,599 > 0,05 dan signifikan yang diperoleh 0,529 < 2.022, berarti volume perdagangan secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap return saham, dan menolak H2. Hasil pengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel atau 0,279 > 0,05 dan signifikan yang diperoleh 1,096 < 2.022, berarti kapitalisasi pasar secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap return saham, dan menolak H3. Hasil pengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel atau 0,045 > 0,05 dan signifikan yang diperoleh 2.066 < 2.022, berarti jumlah hari perdagangan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, dan menolak H4.Secara simultan frekuensi perdagangan, volume perdagangan, kapitalisasi pasar, dan jumlah hari perdagangan tidak berpengaruh terhadap return saham, dan monal H5.

Article Details

How to Cite
Risky, J. (2024). PENGARUH FREKUENSI PERDAGANGAN, VOLUME PERDAGANGAN, KAPITALISASI PASAR, DAN JUMLAH HARI PERDAGANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTARDI BEI 2018-2022. Akuntansi Prima, 6(1), 121-135. https://doi.org/10.34012/japri.v6i1.5016
Section
Articles

References

Ahmad Taslim, Andhi Wijayanto. 2018. Pengaruh Frekuensi Perdagangan Saham, Volume Perdagangan Saham, Kapitalisasi Pasar dan Jumlah Hari Perdagangan Terhadap Return Saham. Management Analysis Journal. 5,1. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Danil, A., & Yusra, I. (2019). Pengaruh Kausal Antara Ukuran Perusahaan Nilai Buku dan Likuiditas Saham di Bursa Efek Indonesia.

Darwis, Herman, dkk. 2018. Pengaruh Pola Pikir Auditor dan Kondisi Risiko Fraud Terhadap Penilaian Risiko Fraud. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban. Volume IV, Nomor. 1

Erika, & Muhlisah, S. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Di Kantor Kelurahan Kalimulyo Kota Depok Dengan Metode Service Quality. Saintech, Vol 29, No 1.

Girard, L.F., Toro, P. De, 2019. Integrated spatial assessment: A multicriteria approach to sustainable development of cultural and environmental heritage in San Marco dei Cavoti, Italy. Cent. Eur. J. Oper. Res. 15, 281–299.

Ghozali, I. 2019. Desain Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Semarang: Universitas Diponegoro.

Herlambang, G., & Kurniawati, L. (2022). Pengaruh Fundamental Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Terhadap Return Saham. 529– 542.

Jogiyanto, H. M. (2017). Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Penerbit Andi.Notoatmodjo (2018)

Ni Luh Nonik Tika Silviyani, Edy Sujana, I Made Pradana Adiputra. 2014. Pengaruh Likuiditas Perdagangan Saham dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan yang Berada Pada Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2009-2013 (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia). e-Journal. 2.1. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Niawaradila, B., Wiyono, G., & Maulida, A. (2021). Pengaruh Frekuensi Perdagangan, Volume Perdagangan, dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2019. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Manajemen).

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suryaningsih, Ika Barokah. Sularso, R. Andi. Handriana Tanti. 2020. Manajemen Pemasaran Pariwisata dan Indikator Pengukuran. Yogyakarta: Samudra Biru.

Tandelilin, Eduardus. (2020). Portofolio Dan Investasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Kanisius.