IMPLEMENTASI TEKNIK BRAINWRITING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VIII SMP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mindo Uli Sinaga
Samsul Mustika
Pesta Junita Simamora
Irma Khoirot Daulay

Abstract

Abstrak -Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek melalui teknik brainwriting.  Motode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing  siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Pangeran Antasari Medan, dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik brainwriting dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek yang diukur dari persentase ketuntasan belajar setiap siklusnya. Persentase ketuntasan belajar meningkat dari siklus satu 64,71  %, siklus dua  79,41%,  siklus tiga 94,11 %.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Sugihastuti. 2007. Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Djibran, Fahd. 2008. Writing is Amazing. Yogyakarta: Juxtapose.
  3. Mulyadi, Yadi. 2017. Bahasa indonesia untuk siswa SMA-MA/SMK-MAK kelas X. Bandung: Yrama Widya.
  4. Michalko, Michael. 2001. Permainan berpikir (thinkertoys). Bandung: KAIFA.
  5. Wilson, Chauncey. 2013. Brainstorming and Beyond: A User-centered Design Method. United Kingdom: MK Morgan Kaufmann.
  6. Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  7. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)