IMPLEMENTASI TEKNIK BRAINWRITING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Mindo Uli Sinaga Universitas Prima Indonesia
  • Samsul Mustika Universitas Prima Indonesia
  • Pesta Junita Simamora Universitas Prima Indonesia
  • Irma Khoirot Daulay Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2178

Keywords:

brainwriting, Cerpen

Abstract

Abstrak -Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek melalui teknik brainwriting.  Motode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing  siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Pangeran Antasari Medan, dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik brainwriting dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek yang diukur dari persentase ketuntasan belajar setiap siklusnya. Persentase ketuntasan belajar meningkat dari siklus satu 64,71  %, siklus dua  79,41%,  siklus tiga 94,11 %.

References

Sugihastuti. 2007. Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djibran, Fahd. 2008. Writing is Amazing. Yogyakarta: Juxtapose.

Mulyadi, Yadi. 2017. Bahasa indonesia untuk siswa SMA-MA/SMK-MAK kelas X. Bandung: Yrama Widya.

Michalko, Michael. 2001. Permainan berpikir (thinkertoys). Bandung: KAIFA.

Wilson, Chauncey. 2013. Brainstorming and Beyond: A User-centered Design Method. United Kingdom: MK Morgan Kaufmann.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-03-10

How to Cite

Sinaga, M. U., Mustika, S., Simamora, P. J., & Daulay, I. K. (2022). IMPLEMENTASI TEKNIK BRAINWRITING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VIII SMP . Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 93-100. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2178

Most read articles by the same author(s)