TRANSFORMASI LEGENDA SI BERU DAYANG MENJADI NASKAH DRAMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bethesda Bukit
Samuel Sinulingga
Vanny Wiranata
Irma Khoirot Daulay

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mentransformasi Legenda “Si Beru Dayang” sebagai Naskah Drama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, factual, dan akurat dengan menggunakan kata atau kalimat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap. Data dalam penelitian ini merupakan data lisan berupa cerita rakyat legenda Si Beru Dayang. Sumber data pada penelitian ini di dapat dari beberapa narasumber yang ada di kabupaten karo. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan sumber. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian ini adalah bentuk dari legenda “Si Beru Dayang” dan revitalisasi legenda menjadi naskah drama

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Danandjaja, J. (1984). Foklor Indonesi: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-Lain. Jakarta: PT Temprint.
  2. Danandjaja, J. (2003). Flklor Tionghoa. Yogyakarta: Pustaka Utama Grafiti.
  3. Esra Perangin angin, W. N. (2020). Transformasi Legenda Pawang Ternalem Menjadi Naskah Drama Sebagai Bahan Ajar Di Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Prima Indonesia. Kode Bahasa Unimed, 149-154.
  4. Harymawan, R. (1993). Dramaturgi. Bandung: Rosda Karya.
  5. Josua Krismanto Purba, S. H. (2020). Transformasi Tradisi Lisan "Mangokkal Holi" Sebagai Naskah Drama. Kode BahasaUnimed, 108-121.
  6. Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Ketrampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
  7. Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)