Etika Publikasi

Jurnal Ilmu Hukum Prima (IHP) telah setuju untuk mengikuti standar etika yang ditentukan oleh Committee on Publication Ethics (COPE) .Penulis harus patuh dan memperhatikan kepenulisan, plagiarisme, publikasi duplikat , pemalsuan data, manipulasi kutipan, serta persetujuan etis dan Hak Kekayaan Intelektual

 

Authorship

Penulis adalah orang yang berpartisipasi dalam penelitian dan cukup untuk mengambil tanggung jawab publik atas semua bagian konten. Jika kepenulisan dikaitkan dengan suatu grup, semua penulis harus memberikan kontribusi yang substansial untuk hal berikut: (i) konsepsi dan desain penelitian, perolehan data, analisis dan interpretasi data; (ii) penyusunan naskah dan revisinya; dan (iii) persetujuan akhir dari versi yang akan diserahkan. Pengiriman naskah menyiratkan bahwa semua penulis telah membaca dan menyetujui versi akhir naskah, dan menyetujui penyerahan naskah ke jurnal ini. Semua penulis harus bertanggung jawab atas kualitas, akurasi, dan etika penelitian.

 

Plagiarism

Plagiarisme adalah praktik mengambil karya atau ide orang lain dan menjadikannya milik sendiri. Naskah yang dikirimkan harus merupakan karya asli dari penulisnya.

 

Duplicate (redundant) publication

Publikasi duplikat adalah publikasi makalah yang secara substansial tumpang tindih dengan makalah yang telah diterbitkan, tanpa referensi yang jelas dan terlihat ke publikasi sebelumnya. Pengiriman naskah akan dipertimbangkan untuk publikasi  jika diserahkan hanya ke jurnal ini dan tidak tumpang tindih secara substansial dengan artikel yang diterbitkan. Setiap manuskrip yang memiliki hipotesis (hampir) serupa, karakteristik sampel, metodologi, hasil, dan kesimpulan dari artikel yang diterbitkan adalah artikel duplikat dan dilarang, meskipun diterbitkan dalam bahasa yang berbeda. Pemotongan data dari "penelitian tunggal" untuk membuat beberapa manuskrip tanpa perbedaan yang substansial harus dihindari.

 

Fabrication of Data

Pemalsuan, manipulasi, atau pemalsuan data merupakan pelanggaran etika dan dilarang

Citations Manipulations

Hanya kutipan yang relevan yang digunakan dalam manuskrip. Self citation yang tidak relevan untuk menambah kutipan pengarang (indeks-h) atau kutipan yang tidak perlu untuk meningkatkan referensi tidak diperbolehkan.

 

Intellectual Property Right

Penulis harus taat pada hukum dan / atau etika dalam memperlakukan objek penelitian dan memperhatikan legalitas sumber material dan hak kekayaan intelektual.

Conflict of Interest and Funding Source

Penulis harus mengakui semua sumber dukungan keuangan kelembagaan, swasta dan perusahaan untuk penelitian dalam naskah, dan mencatat setiap potensi konflik kepentingan.

 

Review Process

Penerimaan sebuah manuskrip menyiratkan bahwa itu telah ditinjau dan direkomendasikan oleh setidaknya dua pengulas, salah satunya biasanya dari Dewan  Editor. Penulis biasanya akan diberitahu tentang penerimaan, penolakan, atau kebutuhan untuk revisi dalam waktu 1 minggu setelah diterima. Naskah ditolak, jika isinya tidak sesuai dengan ruang lingkup jurnal, tidak memenuhi standar etika (misal penulisan palsu, plagiarisme, publikasi duplikat, pemalsuan data dan manipulasi kutipan), tidak memenuhi kualitas yang dipersyaratkan, ditulis dengan tidak tepat format, memiliki tata bahasa yang salah, atau mengabaikan korespondensi dalam tiga bulan. Naskah juga bisa ditolak jika ada dua reviewer yang memberikan catatan negatif.  Makalah yang diterima akan diterbitkan dalam urutan kronologis. Jurnal ini terbit pada bulan April dan Oktober.  Namun, publikasi online dilakukan segera setelah penerimaan.

Proses review dilakukan secara blind, dimana identitas penulis dan reviewer dirahasiakan. Informasi tentang identitas mereka hanya dapat diberikan dengan persetujuan kedua belah pihak.  Peninjau harus memiliki Scopus-ID atau Researcher-ID (Thomson Reuters) atau tercatat sebagai penulis yang sesuai dalam jurnal ini.  Mereka harus berasal dari institusi yang berbeda dengan penulis.

Uncorrected Proof

Uncorrected Proof akan dikirim ke penulis yang sesuai melalui email sebagai file .doc atau .rtf (bukan .docx) untuk memeriksa dan mengoreksi kesalahan ketik. Untuk menghindari keterlambatan publikasi, bukti yang telah diperbaiki harus dikembalikan dalam 7 hari. Makalah yang diterima akan dipublikasikan secara online.

COPYRIGHT

Penyerahan naskah menyiratkan bahwa karya yang dikirimkan belum pernah diterbitkan sebelumnya (kecuali sebagai bagian dari tesis atau laporan, atau abstrak); bahwa itu tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain; bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis bersama. Jika dan ketika naskah diterima untuk publikasi, penulis masih memegang hak cipta dan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Penulis atau orang lain diperbolehkan memperbanyak artikel selama tidak untuk tujuan komersial. Untuk penemuan baru, penulis disarankan untuk mengelola patennya sebelum dipublikasikan.

 

OPEN ACCESS

Jurnal ini berkomitmen untuk akses terbuka bebas yang tidak membebankan biaya kepada pembaca atau institusi mereka untuk akses. Pembaca berhak membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel, selama bukan untuk tujuan komersial.

 

DISCLAIMER

Tidak ada tanggung jawab yang ditanggung oleh penerbit dan penerbit bersama, atau oleh editor untuk setiap cedera dan / atau kerusakan pada orang atau properti sebagai akibat dari pernyataan aktual atau dugaan fitnah, pelanggaran hak kekayaan intelektual atau hak privasi, atau kewajiban produk, baik sebagai akibat dari kelalaian atau sebaliknya, atau dari penggunaan atau pengoperasian ide, instruksi, prosedur, produk atau metode yang terkandung dalam materi di dalamnya.